IRESS: RI Sudah Tepat di Program Hilirisasi Mineral

Gervin Nathaniel Purba    •    06 Agustus 2015 17:06 WIB
tambang
IRESS: RI Sudah Tepat di Program Hilirisasi Mineral
Ilustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara mengatakan Indonesia sudah berada di jalur yang tepat di sektor pertambangan dengan program hilirisasi mineral.

Menurutnya, pembangunan smelter yang saat ini terus didorong oleh pemerintah bakal menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berbasis pada produksi. Dengan cara ini, pertumbuhan perekonomian Indonesia tidak lagi semata-mata bergantung pada fluktuasi harga komoditas mentah, tetapi bisa berubah menjadi pemain industri yang ikut menentukan harga.

"Berpeluang berubah menjadi pemain industri kelas dunia yang ikut menentukan harga beberapa jenis mineral tertentu di pasar internasional," ujar Marwan, saat ditemui di Hotel Atlet Century Park, Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Ia berpandangan bahawa era ekspor komoditas mentah ke luar negeri sudah tidak tepat. Menurutnya larangan ekspor mineral mentah merupakan keputusan yang tepat dan ini merupakan kesempatan Indonesia membangun sektor pertambangan berbasis hilirisasi dengan kewajiban membangun smelter.

Selain meningkatkan perekonomian daerah, lanjutnya, manfaat dan nilai tambah pembangunan smelter juga dirasakan melalui perluasan lapangan kerja. Kemudian meningkatkan pendapatan per kapitan maupun dampak multiplier effect yang ditimbulkan.

"Saatnya Indonesia bangun sektor pertambangan berbasis hilirisasi dengan kewajiban membangun smelter. Tidak boleh ada langkah mundur," pungkas Direktur Eksekutif IRESS tersebut.


(ABD)

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini
Liga Champions 2017--2018

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini

25 minutes Ago

Pertandingan lanjutan penyisihan grup Liga Champions musim ini kembali digelar, Rabu 22 Novembe…

BERITA LAINNYA
Video /