Jaksa Agung Janji Beri Ruang Besar Bagi Komisi Kejaksaan

Desi Angriani    •    06 Agustus 2015 17:18 WIB
komisi kejaksaan
Jaksa Agung Janji Beri Ruang Besar Bagi Komisi Kejaksaan
Kejaksaan Agung. Foto: MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Jaksa Agung HM Prasetyo berjanji akan memberi ruang gerak yang besar bagi Komisi Kejaksaan untuk mengawasi kinerja pegawai di korps Adhiyaksa.

"Mereka kita berikan ruang gerak seluasnya untuk pantau kejaksaan dan mencermati kejaksaan," kata Prasetyo di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (6/8/2015).

Dengan cara itu ia yakin kinerja kejaksaan semakin baik. Apalagi wewenang Komisi Kejaksaan tak cuma memantau dan menilai kondisi organisasi, kelengkapan sarana dan prasarana. Tapi juga menerima masukan dan keluhan dari publik.

"Kita berharap mereka bisa kontrol dan beri masukan. Dengan kehadiran Komjak akan ada lembaga yang bisa kita mintakan semacam second opinion. Mereka juga menerima masukan masyarakat tentang keluhan akan oknum jaksa," beber dia.

Prasetyo menyatakan keseriusannya dalam menindaklanjuti seluruh rekomendasi yang diberikan komisoner Komjak. Salah satunya menyalurkan rekomendasi itu ke Jaksa Agung Muda Pengawasan.

"Tentunya kita dalami dulu kan, masukan mereka kita anggap sebagai suatu hal yang memang harus diperhatikan. Jadi nanti koordinasi mereka akan lebih banyak dengan Jaksa Agung Muda Pengawasan," tandas dia.

Hari ini Presiden Joko Widodo melantik sembilan komisioner Komisi Kejaksaan Republik Indonesia periode 2015-2019. Mereka adalah Sumarno (Ketua) mewakili pemerintah, Erna Ratnaningsih (wakil ketua) dari unsur masyarakat, Ferdinand T. Andilolo (anggota) dari unsur masyarakat, Pultoni (anggota) dari unsur masyarakat, Barita L. Simanjuntak (anggota) dari unsur masyarakat, Yunni Artha Manalu (anggota) dari unsur masyakarat, Indro Sugianto (anggota) dari unsur masyarakat, Yuswa Kusuma (anggota) mewakili pemerintah, dan Tudjo Pramono (anggota) mewakili pemerintah.


(MBM)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

12 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /