Impor Sapi Indukan dari India dan Brasil Lebih Murah

Kesturi Haryunani    •    06 Agustus 2015 17:27 WIB
kementan ads
Impor Sapi Indukan dari India dan Brasil Lebih Murah
AFP/Philippe Desmazes

Metrotvnews.com, Belitung: Kementerian Pertanian (Kementan) sedang menyiapkan pulau karantina untuk pintu gerbang impor sapi indukan dari negara yang dinyatakan belum bebas dari penyakit sapi atau masih katagori zone based. Pilihan pun jatuh di Pulau Naduk di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Dengan dibangunnya pulau karantina tersebut, pemerintah bisa memiliki opsi lebih banyak dalam memilih negara pemasok sapi induk yang selama ini mengandalkan Australia. Sebab, saat ini populasi sapi tertinggi di dunia ada di negara yang belum bebas penyakit.

“Kalau negara dengan zona belum bebas bebas penyakit sapi, pilihannya seperti India, Brasil, Argentina, dan beberapa negara Afrika," jelas Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, Badan Karantina Kementan, Sujarwanto, di Belitung, Rabu (5/8/2015).

Selain itu, indukan sapi dari Australia memiliki harga relatif lebih tinggi daripada yang ditawarkan negara-negara seperti India maupun Brasil.

“Kalau kita bisa impor dari negara yang belum bebas penyakit kan kita jadi banyak pilihan. Dari Australia indukan kan juga mahal,” kata Sujarwanto.

Sujarwanto memberikan contoh sapi dari negara Brasil, akan lebih mudah beradaptasi di Indonesia karena memiliki iklim yang mirip. Indonesia dan Brasil sama-sama negara tropis.

“Negara-negara Amerika Latin populasinya besar sekali. Sapi di Brasil ada 250 juta ekor, Australia saja hanya 17 juta ekor. India malah 300 juta ekor. Afrika juga banyak sapinya, tapi belum kita jajaki,” katanya.

Impor sapi indukan di Indonesia bertujuan mendukung program swasembada daging sapi. Setiap tahunnya kebutuhan sapi dalam negeri bisa mencapai 3-4 juta ekor. Sedangkan populasi sapi di Indonesia justru kian menurun. Data 2012, populasi sapi dan kerbau tak lebih dari 15 juta ekor.
 


(NIN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /