Bebas Visa WNI Jadi Pokok Utama Pertemuan Bilateral RI dan Negara Sahabat

Aedy azeza ulfi    •    07 Agustus 2015 06:44 WIB
hubungan bilateral
Bebas Visa WNI Jadi Pokok Utama Pertemuan Bilateral RI dan Negara Sahabat
Ilustrasi. (Foto: Metro TV/Anisha Dasuki)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan enam negara sahabat. Dalam pertemuan itu, pokok utama yang dibahas Menlu Retno adalah ingin agar warga negara Indonesia (WNI) bisa bebas visa saat berkunjung ke luar negeri.

Seperti yang dilakukan Retno dengan Menlu Korea Selatan, Yun Byung-Se, kedua negara membahas tindak lanjut permintaan Indonesia agar WNI mendapatkan bebas visa ke Korea.

Pada pertemuan dengan Menlu Rusia, Sergey Lavrov, hasil kesepakatan kedua negara, yakni meningkatkan kerja sama dalam bidang pendidikan, peningkatan perdagangan dan investasi serta tindak lanjut permintaan Menlu RI agar WNI mendapatkan fasilitas bebas visa ke Rusia.

Menlu RI kembali meminta dukungan Komisi Uni Eropa untuk memberikan fasilitas bebas visa kepada WNI ke negara negara Uni Eropa yang disampaikan pada pertemuan HRVP Uni Eropa, Federica Mogherini. Kedua pihak juga sepakat untuk memajukan mekanisme bilateral dengan melakukan pertemuan full-fledged bilateral setahun sekali pada tingkat Menteri.

Dalam Pertemuan dengan Menlu Pakistan, kedua negara berkomitmen untuk menyelenggarakan working group penanggulangan terorisme. Menlu Pakistan juga menyampaikan harapannya agar dapat lebih berperan aktif dalam kegiatan ASEAN.

Pertemuan bilateral juga dilakukan dengan Menlu India, Sushma Swaraj. India juga mengakat isu untuk menjadi salah satu negara yang bebas visa ke Indonesia dan meminta kemudahan prosedur dalam bidang pertambangan khususnya kebijakan partner lokal dalam memasuki pasar Indonesia.

Kemudian, dalam Pertemuan Bilateral dengan Menlu Australia, Julie Bishop, kedua Negara sepakat untuk menindaklanjuti mekanisme bilateral seperti dengan pertemuan 2+2 Dialogue pada akhir tahun 2015, dan Indonesia-Australia Dialogue. Disamping itu, Indonesia juga menyambut baik rencana pembukaan konsulat Australia di Makasar.

Menlu RI melakukan enam Pertemuan Bilateral dengan Menlu Korea Selatan, Pakistan, Rusia, Australia, India, dan HRVP Uni Eropa pada Rabu (5/8) di sela-sela Pertemuan ASEAN Post Ministerial Conference (PMC).


(MEL)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

41 minutes Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /