Ratusan Hektar Sawah Kabupaten Bandung Kekeringan dan Tercemar

Roni Halim    •    09 Agustus 2015 10:50 WIB
kekeringan
Ratusan Hektar Sawah Kabupaten Bandung Kekeringan dan Tercemar
Kekeringan terjadi di ratusan hektar sawah (Ilustrasi) -- MI/Galih Pradipta

Metrotvnews.com, Bandung: Ratusan hektare sawah di kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung mengering dan terpaksa menggunakan air limbah akibat musim kemarau yang masih melanda kawasan Jawa Barat. Warga terpaksa mengambil langkah ini walau tahu terancam gagal panen.

Kekeringan ini paling tampak di kawasan Desa Linggar dan Desa Sukamulya, Kecamatan Rancaekek. Ratusan hektar tanaman padi milik petani yang baru ditanam rusak dan sebagian terlihat layu akibat kekurangan air.

Tanah Sawah juga sudah terlihat retak akibat tidak adanya air yang mengalir. Meski di beberapa lokasi masih ada saluran air, namun air tersebut sudah tercemar limbah pabrik dan berwarna hitam pekat.

Sebagian petani terpaksa memanfaatkan air limbah pabrik yang berwarna hitam pekat tersebut untuk mengairi sawahnya. Sebagian petani lain membiarkan tanaman padinya mengering dan mennggunakannya untuk makanan ternak

Kawasan kecamatan Rancaekek ini merupakan wilayah yang mengalami kekeringan terparah di wilayah Bandung Selatan. Bahkan tingkat pencemaran limbah pabrik pun tertinggi, banyak area sawah yang sudah tidak bisa ditanami lagi.

Warga berharap pemerintah daerah, baik kabupaten atau provinsi, segera mengambil tindakan.


(SUR)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

2 days Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /