BPJS Kesehatan Dukung DPR Bentuk Panja JKN

M Rodhi Aulia    •    09 Agustus 2015 18:06 WIB
bpjs kesehatandpr ads
BPJS Kesehatan Dukung DPR Bentuk Panja JKN
Sejumlah pasien gagal ginjal kronik menjalani proses cuci darah menggunakan perangkat hemodialisis atau ginjal buatan -- ANTARA/Destyan Sujarwoko

Metrotvnews.com, Jakarta: DPR berencana membentuk panitia kerja terkait program Jaminan Kesehatan Nasional yang dijalankan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Rencana pembentukan Panja JKN ini langsung didukung oleh BPJS Kesehatan.

"Kita dukung. Selama untuk perbaikan, kita tetap dukung," kata Asisten Manajer Departemen Hubungan dan Lembaga BPJS Kesehatan Suciati Mega Wardhani kepada wartawan di Deresto Cafe, Pasar Festival, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (9/8/2015).

Suciati juga sempat mengaku pelayanan BPJS Kesehatan memang tidak memadai. Banyak permasalahan yang dialami pihaknya sebagai penyelenggara di lapangan. Sepeti biaya iuran premi yang dianggap jauh dari kata cukup, dan kesadaran masyarakat dalam mengurus kepesertaan BPJS serta konsistensi dalam pembayaran.

"Aktifasi kartu BPJS selama 14 hari sejak didaftarkan itu, murni untuk edukasi masyarakat. Biar mereka mau mendaftar di kala masih sehat dan tidak buru-buru mendaftar saat sakit," ungkap dia.

Dia mencontohkan ibu hamil yang baru mengurusi biaya operasi caesar di waktu yang mepet. Kata dia, seringkali masyarakat menyepelekan pendaftaran kepesertaan tersebut, sehingga pada akhirnya merugikan calon peserta itu sendiri.

"Kan kalau hamil itu kan biasanya sembilan bulan. Harusnya, di saat dia tahu hamil, cepat mengurus biaya BPJS. Intinya agar masyarakat cepat mengurus dan tidak di waktu-waktu mepet," ungkap dia.

Sebelumnya, pembentukan Panja BPJS Kesehatan diungkapkan Anggota Komisi IX DPR RI Siti Masrifah. Banyak permasalahan signifikan sejak program BPJS Kesehatan ini berlangsung. Di antara permasalahannya adalah lamanya waktu aktifasi kepesertaan BPJS Kesehatan sejak didaftarkan.

"Sebetulnya saya sudah tegas meminta waktu tiga hari untuk aktifasi tersebut," ungkap Politikus PKB dalam kesempatan yang sama.


(SUR)

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan

4 hours Ago

Inter Milan secara resmi mengonfirmasi perekrutan Joao Cancelo dengan status pinjaman dari Vale…

BERITA LAINNYA
Video /