Pendaftaran Pilkada, Jawa Timur Masih Sepi Bakal Calon

Amaluddin    •    09 Agustus 2015 20:16 WIB
pilkada serentak
Pendaftaran Pilkada, Jawa Timur Masih Sepi Bakal Calon
Komisioner KPU Pusat, Arief Budiman--Metrotvnews.com/Amal Insani

Metrotvnews.com, Surabaya: Komisi pemilihan Umum (KPU) telah memutuskan memperpanjang waktu pendaftaran bakal calon (Balon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015. Namun, memasuki hari pertama ini masih minim balon yang mendaftarkan diri maju dalam pilkada, terutama di Jawa Timur.

Seperti diketahui, ada tujuh daerah yang mengalami perpanjangan pendaftaran balon Pilkada yakni Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat, Kota Surabaya, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Pacitan di Jawa Timur, Kota Mataram di Nusa Tenggara Barat (NTB), Kota Samarinda di Kalimantan Timur, dan Kabupaten Timor Tengah Utara di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Hari pertama pendaftaran dilaporkan belum ada calon yang mendaftar di masing-masing tujuh daerah, khususnya di Jawa Timur belum ada yang daftar," kata Komisioner KPU RI Arief Budiman, saat mengunjungi KPU Surabaya, di Jalan Adityawarman Surabaya, Jawa Timur, Minggu (9/8/2015).

Menurut dia, KPU telah melakukan sosialisasi terkait dibukanya perpanjangan pendaftaran balon pilkada 2015, sebagaimana dengan surat edaran nomor 449/KPU/VIII/2015.

Oleh karena itu, Arief mengatakan pihaknya akan menunggu hingga dua hari ke depan yakni 10 dan 11 Agustus 2015. Ia yakin seluruh parpol atau gabungan parpol akan memanfaatkan masa perpanjangan tersebut.

"Seluruh partai sudah tahu semuanya bahwa pada tanggal 9-11 Agustus KPU membuka pendaftaran kembali. Apabila masih belum ada, kita mengacu PKPU, Pilkada ditunda," tandasnya.


(AZF)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

11 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /