Arsenal Merana di Laga Perdana

Achmad Firdaus    •    09 Agustus 2015 21:25 WIB
liga inggris
Arsenal Merana di Laga Perdana
Momen saat tandukan Kouyate membobol gawang Petr Cech untuk membuka keunggulan West Ham United (Foto: AFP PHOTO / ADRIAN DENNIS)

Metrotvnews.com, London: Arsenal membuka kampanye Liga Primer Inggris 2015--2016 dengan buruk. Tampil di kandang, The Gunners justru dipermalukan tim semenjana West Ham United dengan skor 0-2.

Mendapat dukungan penuh dari seisi Stadion Emirates, Minggu 9 Agustus 2015, Arsenal yang tampil superior selama pramusim, membuka laga dengan baik. Mereka langsung mendominasi permainan. Santi Cazorla dan Alex Oxlade-Chamberlain jadi motor serangan di kedua sisi.

Permainan atraktif Arsenal membuat para pemain West Ham sedikit kewalahan sehingga memilih melakukan tekel-tekel keras untuk menghentikan bola. Imbasnya, Mark Noble dan bek anyar Angelo Ogbonna sudah mendapatkan kartu kuning meski pertandingan belum genap 10 menit.

Arsenal membuka peluang pertama di menit ke-11 lewat tendangan keras Chamberlain yang sayangnya masih melambung. Begitu juga dengan upaya Olivier Giroud pada menit ke-26 di mana sepakannya berhasil diblok Ogbonna.

Peluang terbaik didapat Arsenal pada menit ke-31. Tembakan Aaron Ramsey di tepi kotak penalti berbelok arah setelah membentur bek West Ham. Sayang, bola hanya membentur mistar gawang.

Gelombang serangan terus dilancarkan pemain Arsenal di sisa 15 menit babak pertama. Namun, bukannya mencetak gol, mereka justru kecolongan pada menit ke-43. West Ham diluar dugaan mampu mencuri gol lewat Cheikhou Kouyate yang sukses menyambar bola umpan tendangan Dimitri Payet untuk membobol gawang Petr Cech. Skor 0-1 untuk West Ham bertahan hingga turun minum.

Babak kedua dimulai, Arsenal langsung menekan pertahanan West Ham. Giroud mendapat dua peluang emas di 10 menit pertama, tapi sayang tidak ada yang berbuah gol. Pertama, tendangannya masih tipis di sisi gawang, sementara yang kedua berhasil dibendung Adrian.

Kejutan kembali dibuat West Ham pada menit ke-57. Dari luar kotak penalti, Mauro Zarate melepaskan sepakan mendatar cukup keras yang tak mampu dijangkau Cech. Publik Emirates makin senyap lantaran tim kesayangannya kini tertinggal 0-2. Cech sepertinya akan dihujani kritik.

Respons cepat diberikan Wenger dengan memasukkan Theo Walcott untuk menambah daya gedor. Pelatih West Ham Slaven Bilic tak kalah cerdik. Dia menarik keluar Zarate dan memasukkan Matt Jarvis untuk memperkuat lini pertahanannya.

15 menit laga tersisa, Arsenal masih kesulitan membongkar rapatnya pertahanan West Ham yang menumpuk hampir semua pemainnya di lini pertahanan. Masuknya Alexis Sanchez di kubu Arsenal pun belum banyak memberi perbedaan.

Peluang emas didapat Arsenal pada menit ke-81 lewat tendangan keras Chamberlain. Tapi sayang, tendangannya hanya menerpa sisi jaring gawang. Hingga akhir laga, segala daya upaya para pemain Arsenal tidak membuahkan hasil. Mereka pun harus menerima kenyataan takluk 0-2 dari tim yang belum pernah mengalahkan mereka dalam sembilan pertemuan terakhir, West Ham United.

Susunan Pemain:
Arsenal:
Cech; Debuchy/Sanchez (67'), Mertesacker, Koscielny, Monreal; Coquelin/Walcott (58'), Ramsey; Oxlade-Chamberlain, Ozil, Cazorla; Giroud.

West Ham: Adrian; Tomkins, Reid, Ogbonna, Cresswell; Oxford/Nolan (79'), Noble, Kouyate; Payet, Zarate/Jarvis (63'), Sakho/Maiga (90').


(ACF)

CEO Milan: Kedatangan Kalinic Melengkapi Skuat
AC Milan 2017--2018

CEO Milan: Kedatangan Kalinic Melengkapi Skuat

1 hour Ago

CEO AC Milan, Marco Fassone mengatakan perekrutan Nikola Kalinic melengkapi skuat musim ini. It…

BERITA LAINNYA
Video /