Hari Ini, Pengadilan Gelar Sidang Praperadilan OC Kaligis

Arga sumantri    •    10 Agustus 2015 07:28 WIB
oc kaligis tersangka
Hari Ini, Pengadilan Gelar Sidang Praperadilan OC Kaligis
OC Kaligis. Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari ini, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan menggelar sidang perdana gugatan praperadilan tersangka kasus suap OC Kaligis. Kaligis menilai ada yang tidak beres dalam proses penetapannya sebagai tersangka.

"Isi permohonan pertama tentu menyangkut soal status dan kedudukan Pak OC, lebih soal prosedur pelanggaran HAM, KUHAP dan pelanggaran Undang-Undang Korupsi," kata anggota tim Kuasa Hukum OC Kaligis, Jonshon Panjaitan, Senin  27 Juli.

Menurut Jonshon, ada yang janggal dari proses penetapan status tersangka kliennya. Awalnya KPK memanggil OC Kaligis sebagai saksi, tapi ternyata setelah itu ia ditangkap. Kaligis digelandang dari Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

"Pertanyaannya, kenapa tiba-tiba ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka? Itulah yang akan kita uji di persidangan," tambah Jonshon.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Kaligis langsung ditahan. KPK menyita telepon genggam advokat senior itu. Penyidik KPK mengisolasi OC Kaligis. Kebijakan ini juga membuat Kaligis kesal karena keluarganya tidak diizinkan menjenguk.

"Karena itu, kami minta hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menetapkan prosedur penetapan tersangka sebuah kesalahan. Kalau itu salah, penangkapan dan penahanan juga salah," bebernya.

Gugatan praperadilan OC Kaligis didaftarkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Senin 27 Juli. Praperadilan itu terdaftar dengan nomor register 72/Pid.Prap/2015/PN.Jkt.Sel.

Kaligis menjadi tersangka kasus dugaan suap hakim PTUN Medan dan ditahan di Rumah Tahanan Guntur. OC Kaligis diduga melanggar Pasal 6 ayat 1 huruf a dan Pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b dan atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah Undang-Undang 20 Tahun 2010 jo Pasal 64 ayat 1 jo Pasal 55 ayat 1 KUHPidana.


(TRK)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

23 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /