Hari ini, Ribuan Buruh Bakal Demo di Tiga Lokasi

Arga sumantri    •    10 Agustus 2015 08:03 WIB
demo buruh
Hari ini, Ribuan Buruh Bakal Demo di Tiga Lokasi
Ilustrasi buruh demo -- ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekitar dua ribu buruh se-Jabodetabek dikabarkan bakal turun ke jalan melakukan aksi unjuk rasa hari ini, Senin (10/8/2015). Ada tiga tempat yang menjadi tujuan aksi massa buruh, yakni kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), dan kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Pukul 10.00 WIB hingga 13.00 WIB, massa buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dilaporkan bakal menyambangi Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Di sana mereka akan melakukan aksi unjuk rasa dengan tuntutan menolak intervensi terhadap panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan (Capim) KPK.

"Pilih Capim KPK yang berani bongkar dugaan suap dan korupsi oleh manajemen PT Indofood CBP kepada pejabat Polres Purwakarta," kata Presiden KSPI, Said Iqbal dalam keterangan pers yang diterima, Minggu 9 Agustus kemarin.

Lepas menyambangi Gedung KPK, massa buruh bergerak ke kantor Kemenakertrans, Jalan Gatot Subroto, Setiabudi, Jakarta Selatan. Di sana, massa buruh akan menuntut pemerintah agar melakukan tindakan hukum terhadap pimpinan perusahaan PT Mandom yang dianggap bertanggung jawab atas tewasnya puluhan pekerja akibat kebakaran, 10 Juli lalu.

Setelah itu, massa buruh juga akan bergerak ke Kantor Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan. Buruh menuntut Kemenkes membubarkan badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), lantaran dianggap sudah gagal melayani jaminan kesehatan untuk rakyat.

"Sistem INA CBGs amburadul, dan tolak juga kenaikan Iuran BPJS kesehatan yang amburadul tersebut," pungkas Said.



(AZF)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

15 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /