Pemerintah Siapkan Hujan Buatan Atasi El Nino

Annisa ayu artanti    •    10 Agustus 2015 10:14 WIB
kementerian pertaniankementan adselnino
Pemerintah Siapkan Hujan Buatan Atasi El Nino
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (kiri) (ANTARA FOTO/Patar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah berencana untuk membuat hujan buatan di beberapa daerah yang diindikasikan memiliki dampak parah akibat musim kekeringan (El Nino) ketika di September 2015 sampai dengan Oktober 2015.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengaku pihaknya akan melakukan hujan buatan dibeberapa titik untuk meminimalisir dampak gagal panen akibat musim kering. Untuk dua hari ke depan pihaknya dengan beberapa kementerian sedang melakukan berbagai persiapan.

"Dalam waktu dekat kita akan melakukan hujan buatan. Kita sudah koordinasi. Satu sampai dua hari kita lanjuti dengan melakukan persiapan," kata Amran, di Gedung A, Kementerian Pertanian, Jalan RM Harsono, Jakarta, Senin (10/8/2015).

Hujan buatan tersebut, ia menjelaskan, akan dilakukan dibeberapa daerah yang terkena dampak El Nino cukup parah yakni daerah endemis kekeringan seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Lampung.

"Daerah endemis kekeringan yaitu Jawa Timur, Jawa Barat, kemudian Jawa Tengah yang menjadi skala prioritas," sebut dia.

Koordinasi pun sudah dilakukan yaitu dengan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Mujono, dan TNI.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif mengaku pihaknya telah bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) Terkait hujan buatan. Dalam melakukan hujan buatan ini, pemerintah menyiapkan dana Rp200 miliar.

"Hingga saat ini kita siapkan kapal-kapal. Kami siapkan dana Rp200 Miliar. Dua hercules, Kasa 295 milik TNI AU. Kasa 212, satu kasa milik Kementan. Semoga itu semua terdukung oleh persediaan awan," pungkas Syamsul.


(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /