KPK Minta Sidang Praperadilan OC Kaligis Ditunda

Meilikhah    •    10 Agustus 2015 10:21 WIB
oc kaligis tersangka
KPK Minta Sidang Praperadilan OC Kaligis Ditunda
Ilustrasi--Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap agar sidang praperadilan pengacara kondang OC Kaligis untuk ditunda. KPK beralasan bahwa jadwal biro hukum KPK padatnya.

"Jadwal Biro Hukum sangat padat, dan juga bertepatan dengan sidang praperadilan Bupati Morotai. Karena itu KPK minta penundaan," kata pelaksana tugas pimpinan (Plt) KPK, Johan Budi SP, melalui pesan singkat, Senin (10/8/2015).

Secara keseluruhan tim biro hukum KPK telah mempelajari isi gugatan Kaligis, dan sudah menyiapkan jawaban atas gugatan tersebut. "Kita sudah siap (menghadapi praperadilan). Hanya karena hari ini padat saja," tegas Johan.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha mengatakan pihaknya telah menyiapkan materi-materi yang akan digelar dalam persidangan. Materi tersebut seputar isi gugatan Kaligis yang menyatakan KPK melakukan kesalahan prosedur dalam penyelidikan, dan penyidikan perkara tindak korupsi suap hakim PTUN Medan yang dilakukan Kaligis dan jaringannya. "Sama seperti biasa, menyiapkan materi-materi untuk menjawab gugatan yang diajukan," terangnya.

Piharsa mengaku tak mengetahui rincian gugatan yang diajukan oleh tim Kaligis. Menurutnya, sejak awal tim Biro Hukum yang melakukan pengkajian atas gugatan tersebut. Priharsa mengatakan, tim Biro Hukum sudah melihat dan mempelajari gugatan tersebut.

Hari ini, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan menggelar sidang perdana gugatan praperadilan tersangka kasus suap OC Kaligis. Kaligis menilai ada yang tidak beres dalam proses penetapannya sebagai tersangka.

Gugatan praperadilan OC Kaligis didaftarkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Senin 27 Juli. Praperadilan itu terdaftar dengan nomor register 72/Pid.Prap/2015/PN.Jkt.Sel.

Kaligis menjadi tersangka kasus dugaan suap hakim PTUN Medan dan ditahan di Rumah Tahanan Guntur. OC Kaligis diduga melanggar Pasal 6 ayat 1 huruf a dan Pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b dan atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah Undang-Undang 20 Tahun 2010 jo Pasal 64 ayat 1 jo Pasal 55 ayat 1 KUHPidana.


(YDH)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

16 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /