Hindari Makanan Ini Sebelum Tidur

   •    10 Agustus 2015 16:40 WIB
kesehatan
Hindari Makanan Ini Sebelum Tidur
Ilustrasi (Foto: imgkid.com)

Metrotvnews.com: Percaya atau tidak, apa yang Anda makan sebelum tidur bisa mempengaruhi kualitas tidur Anda. Kebanyakan orang bila sulit tidur, akan memilih untuk makan.

Tidak ada yang salah dengan sedikit makan sebelum tidur. Hanya yang perlu diingat, kudapan yang Anda makan haruslah di bawah 200 kalori dan tidak mengandung kafein.

Ini adalah beberapa makanan yang harus Anda hindari sebelum tidur agar tidak membuat Anda gemuk, mengganggu tidur Anda atau membahayakan kesehatan Anda.

1. Mentega
Memakan mentega kacang atau selai kacang sebelum tidur bisa membuat berat badan Anda naik. Tapi tenang saja, Anda bisa menggantinya dengan segelas susu almond tanpa gula. Susu almond mengandung kalsium yang akan membantu Anda tidur lebih baik dan menenangkan saraf Anda. Untuk mendapatkan rasa manis dari susu almond, Anda bisa menambahkan kayu manis di dalamnya. Itu jauh lebih sehat ketimbang makan selai dan mentega.

2. Permen
Penelitian terbaru menemukan bahwa 7 dari 10 orang yang mengkonsumsi permen sebelum tidur akan mendatangkan mimpi buruk. Permen mengandung kadar gula yang tinggi dan bisa menghasilkan gelombang otak yang menyebabkan Anda bermimpi buruk.

3. Es krim
Es krim adalah makanan lezat dan bergizi, namun menjadi buruk saat Anda konsumsi sebelum tidur. Es krim yang dikemas dengan lemak yang dicerna pada tingkat yang lebih lambat membuat Anda gampang gemuk dan tinggi gulanya mengakibatkan Anda gampang terserang mimpi buruk. Alih-alih makan es krim cobalah minum segelas susu tanpa gula karena itu lebih sehat.

4. Keripik
Makan keripik bisa membuat Anda sulit untuk berhenti makan, ini mengapa keripik sangat tidak cocok dikonsumsi pada malam hari. Gantilah camilan Anda dengan sayuran mentah seperti wortel, paprika merah dan kacang almond. Selain itu, studi menunjukkan bahwa keripik dan soda memberikan kalori kosong yang artinya tidak memiliki manfaat kesehatan sama sekali.

5. Daging merah
Tidak dianjurkan makan daging merah sebelum tidur karena sulit dicerna. Lagipula, makan daging merah di malam hari bisa membuat Anda mudah kram. Selain itu, daging merah juga memiliki respon insulin yang lebih tinggi dan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Anda bisa mencoba alternatif lain dengan memakan telur rebus ketimbang daging merah.

6. Pizza
Kelaparan di malam hari memang membuat Anda akan tergoda untuk memesan pizza. Namun, Anda perlu tahu, saus tomat pada lapisan pizza itu mengandung tingkat keasaman yang tinggi yang bisa menyebabkan refluks asam. Ditambah lagi toppingnya yang berminyak bisa membuat Anda mulas. Hasilnya, Anda tidak akan mendapatkan tidur yang berkualitas.

7. Cokelat
Cokelat memang tidak memuat banyak lemak, cokelat dan kafein, tetapi cokelat berisi stimulan seperti theobromine yang membuat Anda terjaga sepanjang malam. Para peneliti bahkan mengatakan bahwa cokelat tidak baik dimakan tepat sebelum tidur.

8. Pasta
Ya, pasta yang dikemas dengan karbohidrat dan memiliki banyak kalori, cenderung bisa membuat pinggang Anda melar. Makan pasta sebelum tidur juga akan meningkatkan kadar insulin Anda. Bukan hal yang baik karena sekitar 80 persen dari pembakaran lemak hormon dilepaskan selama tidur.

9. Terlalu banyak buah
Makan buah dengan porsi yang tepat sebelum tidur sangat bagus, namun, konsumsi secara berlebihan bisa membuat masalah dalam usus Anda.

10. Sereal
Makan sereal sebelum tidur juga bisa membuat Anda lebih gemuk karena sereal mengandung kadar gula yang cukup tinggi, sehingga kurang baik dikonsumsi sebelum tidur. (Sumarni/ Amerikanki)


(AWP)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /