23 TKI Asal Sampang Jadi Korban Kasus Kriminal di Arab Saudi

Agus Josiandi    •    10 Agustus 2015 17:10 WIB
tki
23 TKI Asal Sampang Jadi Korban Kasus Kriminal di Arab Saudi
Foto: Ilustrasi/Antaranews.com

Metrotvnews.com, Sampang: Sebanyak 23 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menjadi korban berbagai kasus kriminal di Arab Saudi. Hal itu disampaikan Kepala Seksi Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sampang, Teguh Waluyo.

Teguh mengatakan sebanyak 23 TKI itu sebagian besar menjadi korban pembunuhan, kecelakaan, dan terkait penyalahgunaan narkoba.

"Ini warga kita (Sampang) yang menjadi korbannya, ada yang menjadi korban pembunuhan dari pekerja negara lain. Kalau yang narkoba setelah kita urus ternyata salah tangkap, akhirnya dibebaskan setelah menjalani hukuman 1,5 tahun," kata Teguh di ruang kerjanya Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Senin (10/8/2015).

Teguh menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri sebagai upaya bantuan hukum kepada TKI asal Kabupaten Sampang yang menjadi korban di Arab Saudi.

"Kemarin kita mendampingi keluarga para korban, rapat di hotel Mercury Surabaya dengan Kemenlu RI Deputi Bidang Perlindungan Warga Negara Indonesia. Juga diadakan telekonferensi dengan kedutaan di Riyad dan pengacara disana untuk membahas langkah-langkah lebih lanjut, Kemenlu juga meminta berkas-berkas dari kelurga para korban untuk kelengkapan sidang selanjutnya," jelasnya.

Dari 23 TKI tersebut, dua TKI di antaranya menjadi korban salah tangkap narkoba. Sementara dua TKI lainnya menjadi korban kecelakaan.


(TTD)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

6 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /