BI Perkirakan Inflasi Masih akan Terjadi

Antara    •    10 Agustus 2015 18:03 WIB
inflasi
BI Perkirakan Inflasi Masih akan Terjadi
Bank Indonesia (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Semarang: Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Wilayah V Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta memperkirakan bahwa ke depan inflasi masih akan terjadi seiring risiko tekanan harga dari sejumlah sektor.

"Ke depan, diperkirakan masih terdapat risiko tekanan harga yang berasal dari penyesuaian administered prices di antaranya dari kekeringan akibat dampak El Nino, biaya pendidikan, kenaikan bea masuk impor barang-barang konsumsi, dan perkembangan nilai tukar rupiah," kata Deputi BI Kanwil V Ananda Pulungan, di Semarang, Senin (10/8/2015).

Menurutnya, beberapa sektor pemicu inflasi tersebut tidak sama dengan pemicu inflasi di Juli 2015 yang mencapai 0,92 persen. Pada inflasi tersebut komoditas yang menyumbang inflasi terbesar di antaranya angkutan udara, daging ayam ras, cabai rawit, angkutan antarkota, dan cabai merah.

Harga daging ayam ras meningkat didorong oleh tingginya permintaan selama Lebaran dan bertahan tinggi hingga akhir bulan. Sedangkan kenaikan inflasi cabai rawit dan cabai merah disebabkan oleh berkurangnya produksi cabai seiring datangnya musim kemarau yang berkepanjangan.

Untuk kenaikan tarif transportasi menjadi penyumbang inflasi terbesar. Meningkatnya tarif angkutan udara terjadi untuk penjualan tiket melalui online maupun melalui agen travel. "Sedangkan untuk tarif angkutan antarkota terpantau naik untuk kelas ekonomi dan nonekonomi selama periode Lebaran," katanya.

Sementara itu, mengingat tantangan inflasi mendatang, BI bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) akan mendalami permasalahan harga di setiap kabupaten/kota untuk dapat merumuskan rekomendasi yang mampu mengatasi masalah tersebut.

"Diharapkan harga dapat tetap terkendali sehingga tingkat inflasi juga dapat dikendalikan bahkan bisa turun dibandingkan Juli 2015 lalu," pungkasnya.


(ABD)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 hour Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /