Tiongkok Klaim Kereta Cepat Mereka Lebih Kompetitif dari Jepang

Desi Angriani    •    10 Agustus 2015 18:13 WIB
kereta supercepat
Tiongkok Klaim Kereta Cepat Mereka Lebih Kompetitif dari Jepang
Kereta cepat jepang. (Grafik MI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Tiongkok baru saja menyerahkan hasil studi kelayakan terhadap proyek kereta cepat Jakarta-Bandung kepada Presiden Jokowi. Menteri Komisi Pembangunan Nasional dan Reformasi Tiongkok Xu Shaoshi mengatakan, proyek kereta cepat produk negeri tirai bambu ini lebih unggul dan kompetitif dibandingkan Jepang.
 
"Pembangunan kami cukup kuat dan cost effective kami lebih baik. Kami jamin bisa rampung dalam tiga tahun, ground breaking akhir Agustus 2015 dan selesai 2018 akhir," katanya di kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (10/8/2015).
 
Ia menyebutkan, jalur kereta cepat itu berjarak sekitar 150 km, mulai dari Halim Perdanakusuma ke Bandung dan terhubung ke Gambir dengan jaringan yang sudah ada. Pada setiap stasiun dapat dibangun hotel, perumahan dan lainnya sehingga ada kawasan ekonomi baru yang berkembang.
 
"Ada delapan stasiun dan kecepatan kereta nantinya sekitar 300 km per jam," katanya.
 
Terkait join venture BUMN Indonesia-Tiongkok, kata dia, Indonesia akan memegang 60 persen dan 40 persen sisanya Tiongkok. "Kami ingin serius berbagi dengan Indonesia dalam mewujudkan kereta api cepat di Indonesia," katanya.
 
Di tempat yang sama, Menko Sofyan Djalil mengatakan, pemerintah telah menerima hasil studi itu dan akan mempelajari serta memutuskannya dalam waktu secepatnya. "Pemerintah sudah menerima dari Tiongkok dan akan membuat keputusan dalam waktu yang secepatnya," ujarnya.
 
Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi didampingi Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri BUMN Rini Soemarmo, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Sekertaris Negara Pratikno dan Menteri Negara Perencanaan dan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago.


(FZN)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

3 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /