Komite Pengawas Sayangkan Protes Anarkis Serikat Pekerja JICT

Eko Nordiansyah    •    10 Agustus 2015 18:49 WIB
pelindo
Komite Pengawas Sayangkan Protes Anarkis Serikat Pekerja JICT
Pelabuhan ANTARA FOTO/ Nova Wahyudi

Metrotvnews.com, Jakarta: Oversight Committe (Komite Pengawas) mengatakan, pemecatan terhadap pekerja Jakarta Intenational Container Terminal (JICT) yang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II pasti berdasarkan aturan yang berlaku, bukan tanpa alasan.

"Kalau ada pegawai yang diberhentikan tentu ada alasan. Kalau dipecat tentu menurut peraturan yang berlaku, kan ada undang-undangnya. Undang-undang pekerja, dan sebagainya. Tidak ada pegawai yang kebal hukum," ujar Ketua Komisi Pengawas, Erry Riyana Hardjapamekas di Graha CIMB Niaga, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (10/8/2015).

Dirinya menambahkan, kalaupun ada protes terhadap perpanjangan konsesi yang dilakukan antara Pelindo II dengan PT Hutchison Port Holding (HPH) tentang pengelolaan terminal JICT Tanjung Priok seharusnya bisa 
dikoordinasikan dengan pihak terkait.

"Kesimpulan kami, kalu urusan hukum itu ya koordinasilah Menteri BUMN dan Menhub, biar Pelindo enggak terombang-ambing, biar Pelindonya bisa menjalankan tugas dengan normal, bersentuhan dengan internasional yang pada akhirnya akan berpengaruh pada citra," terang dia.

Mantan Wakil Ketua KPK ini juga menyanyangkan aksi anarkis yang dilakukan oleh Serikat Pekerja JICT. Padahal, sebelumnya Komite Pengawas juga pernah duduk bersama dengan Serikat Pekerja JICT, tanpa ada yang  mempersoalkan perpanjangan.

"Kami agak kaget, tiba-tiba ada mogok, anarkis, hentikan semua operasi perusahaan dengan alasan yang beda sama yang dulu mereka ungkapkan. Dulu mereka ingin jangan sampai enggak diperpanjang. Kalau eggak setuju kan bisa diadukan ke PTUN. Tapi yang kami soroti jangan sampai menggunakan cara-cara anarkis sehingga menganggu kepentingan publik," pungkasnya.
 


(SAW)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 hour Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /