Tak Minta Mahar Jadi Alasan NasDem Dilirik Banyak Calon Kepala Daerah

Surya Perkasa    •    10 Agustus 2015 19:15 WIB
pilkada serentak
Tak Minta Mahar Jadi Alasan NasDem Dilirik Banyak Calon Kepala Daerah
Ketua Umum Surya Paloh saat berpidato di Kantor DPP Partai NasDem, Senin (10/8/2015). Foto: Surya Perkasa/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengungkapkan calon kepala daerah yang maju dalam pilkada serentak banyak meminta dukungan kepada partainya. Menurut Surya, banyaknya permintaan itu karena NasDem tak pernah meminta mahar politik.  

"Kita tidak bisa mengatakan karena kita bebaskan biaya dukungan. Tapi mungkin itu benar, karena baik secara verbal dan operasionalnya kita bebaskan biaya politik. Ini bukan hal yang sederhana," kata Surya di Kantor DPP NasDem, Jalan RP Suroso, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (10/8/2015).

Surya mengatakan, NasDem konsisten untuk tidak meminta mahar. Tak ada uang mahar itu sudah berlangsung sejak awal partai ini berdiri, tidak hanya pada Pilkada. Tak hanya tak terima mahar, NasDem juga menolak untuk menggunakan dana bantuan pemerintah yang nilainya mencapai Rp500 miliar. 

Namun demikian, Surya mengakui, pilkada membutuhkan dana tidak sedikit. Artinya, NasDem mesti mencari pendaaan itu sendiri. "Kalau di gereja ada yang namanya kolekte. Kolekte kita tidak. Iuran tidak ada. Peras memeras tidak ada. Kita juga tidak potong gaji (kader di) dewan. Setahu saya itu belum terjadi. Terus dari mana?" tanya Surya dengan nada bergurau.

"Dari ketua umum lah," celetuk salah satu peserta rapat pleno istimewa partai disambut tawa. Dengan tersenyum Surya menjawab, "Inilah yang harus dipikirkan dalam rapat pleno."

Surya menegaskan, NasDem akan terus bersikap idealis. Tapi tidak boleh naif dalam bertindak. Meski demikian, Surya mengakui hingga kini masih banyak suara sumbang yang diarahkan ke NasDem. Yang jelas, kata dia, NasDem berpolitik dengan seni dan kalkulasi. 

"Tapi kita tidak senaif itu. Kita tak maju tanpa kalkulasi, tanpa ada pandangan ke depan. NasDem menggunakan cara yang lebih susah, dengan seni berpolitik," kata dia.

Bagi NasDem, memenangkan calon yang dapat memperbaiki kondisi bangsa jauh lebih penting ketimbang investasi uang. Surya mengatakan, 'Investasi manusia' akan terus lebih dikedepankan oleh partai yang dibentuk 2011 itu.

"Play to win tetap harus dijalankan," tegas Surya.



(KRI)


<i>Real Madrid Jangan hanya Bergantung kepada Ronaldo </i>
Real Madrid 2017--2018

Real Madrid Jangan hanya Bergantung kepada Ronaldo

2 hours Ago

Real Madrid akan bertandang ke markas Bayern Muenchen pada 26 April nanti untuk leg pertama sem…

BERITA LAINNYA
Video /