Bagian-bagian Tubuh yang Paling Kotor

   •    10 Agustus 2015 19:35 WIB
kesehatan
Bagian-bagian Tubuh yang Paling Kotor
Ilustrasi (Foto: medicaldaily.com)

Metrotvnews.com: Ketika berbicara bagian tubuh yang paling kotor apa yang Anda pikirkan? Kebanyakan orang pasti akan mengatakan anus karena bersentuhan langsung dengan feses.

Para ilmuwan di Harvard School of Dental Medicine telah menemukan lebih dari 615 jenis bakteri yang dapat hidup di mulut, lidah dan tenggorokan sehingga menjadikannya tempat paling kotor dalam tubuh manusia.

Jadi, tidak hanya anus yang paling kotor, masih banyak juga bagian tubuh lainnya yang menyimpan segudang bakteri dan perlu Anda ketahui dengan baik.

Berikut adalah delapan tempat paling kotor di tubuh Anda.

- Wajah
Wajah Anda akan terlihat bersih ketika Anda melihat di cermin, tetapi menurut para ahli itu adalah tempat yang paling kotor di tubuh Anda. Penggunaan ponsel membuat kuman mudah menempel pada wajah Anda. Parahnya jika Anda memiliki luka terbuka pada wajah, itu akan jauh lebih berbahaya lagi.

- Telinga
Telinga mengandung banyak kotoran. Berhati-hatilah ketika Anda mencoba untuk membersihkannya, karena Anda bisa saja menyakiti telinga Anda sendiri. Mau tahu cara terbaik untuk tidak bersentuhan langsung dengan kotoran di telinga? Jangan pernah mengoreknya. Sebab, setiap telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri.

- Mata
Sudut mata setiap orang pasti mengandung bakteri. Bulu mata itu adalah bagian yang paling kotor dari tubuh karena mereka menyaring kotoran dan membantu melindungi mata dari infeksi. Bila Anda memiliki infeksi mata jangan pernah menggosoknya dengan tangan, karena justru makin memperparah infeksi.

- Mulut
Para ilmuwan di Harvard School of Dental Medicine telah menemukan lebih dari 615 jenis bakteri dapat hidup di dalam mulut. Dan itu mengapa digembor-gemborkan untuk rutin membilas mulut dan menggosok gigi dua kali dalam sehari, karena cara itu bisa mengurangi bakteri berbahaya dalam mulut Anda.

- Hidung
Kadang-kadang lapisan hidung terasa gatal. Dalam situasi seperti ini, jangan pernah menggaruknya atau mengoreknya secara langsung. Lapisan hidung rentan tergores dan bisa membuat hidung Anda terluka. Apalagi, hidung juga mengeluarkan ingus, itu mengapa hidung menjadi tempat yang kotor.

- Kuku jari
Ada banyak jutaan bakteri berlindung di bawah kuku Anda. Bahkan bakteri-bakteri tersebut menjadikan kuku sebagi tempat berkembang biak. Mungkin Anda tidak memercayainya karena Anda tidak bisa melihatnya secara langsung. Guna meminimalkan pertumbuhan bakteri, Anda perlu memotong kuku secara teratur. Jangan biarkan kuku Anda tumbuh memanjang.

- Anus
Ada lebih dari seribu jenis bakteri jahat di saluran pencernaan Anda yang keluar melalui anus, sehingga membuat anus juga menjadi salah satu tempat yang kotor di tubuh Anda. (Sumarni/ Boldsky)


(AWP)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

6 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /