40 Siswa SD Dipercaya Lepas Tukik ke Laut

Ahmad Mustaqim    •    10 Agustus 2015 22:31 WIB
binatang langka
40 Siswa SD Dipercaya Lepas Tukik ke Laut
Seorang petugas memeriksa tukik penyu lekang (lepidochelys olivacea) yang baru menetas di tempat relokasi telur penyu di Pantai Kuta, Bali, Kamis (30/7). Foto: Antara/Nyoman Budhiana

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Komunitas Relawan Penyelamat Penyu Bantul memiliki misi besar menyebarkan kepedulian terhadap satwa. Salah satu langkah yang mereka lakukan adalah mengajak puluhan siswa SD untuk terlibat dalam pelepasan tukik (anakan penyu).

Ketua Komunitas Relawan Penyelamat Penyu Bantul, Ferry Munandar, mengatakan pihaknya akan melibatkan sebanyak 40 siswa SD dalam pelepasan tukik.

"Tanggal 13 Agustus nanti sebanyak 40 siswa SD akan ikut melepasliarkan tukik di Pantai Gua Cemara, Bantul," kata Ferry ketika dihubungi, Senin (10/08/2015).

Sebanyak 20 ekor tukik yang akan dilepasliarkan para siswa SD itu adalah hasil konservasi pantai Gua Cemara, Bantul. Tukik tersebut merupakan hasil telur 4 Juli lalu.

Sebelum melepasliarkan tukik, siswa SD diajak melihat tempat konservasi semialami tukik di Pantai Gua Cemara. Mereka nantinya akan diberikan pengetahuan pentingnya pelestarian biota laut, termasuk penyu.

"Akan dijelaskan lebih dulu mengenai pentingnya konservasi dan menyelamatkan satwa penyu. Waktunya sekitar 15 sampai 30 menit," tuturnya.

Ferry berharap pelibatan pelajar sejak dini dalam pelepasliaran penyu bisa memunculkan kesadaran pada generasi muda mengenai kelestarian biota laut.

"Setelah melihat konservasi dan melepasliarkan tukik, kami harapkan anak-anak memiliki kesadaran akan kelestariannya satwa," jelasnya.


(UWA)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 hour Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /