Di Kota Gudeg, Harga Daging Sapi Justru Turun

Patricia Vicka    •    10 Agustus 2015 23:06 WIB
daging sapi
Di Kota Gudeg, Harga Daging Sapi Justru Turun
Yati, pedagang daging sapi di Pasar Beringharjo, tak berani menaikkan harga. Foto: MTVN/VIcka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Harga daging Sapi di pasar tradisional di Yogyakarta justru turun saat harga di sejumlah daerah di pulau Jawa, melonjak.

Turunnya pun cukup signifikan antara Rp10 ribu hingga Rp20 ribu per kilogram. Nugroho, 31, salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Colombo, Sleman, Yogyakarta, menjelaskan faktor penyebab turunnya harga daging Sapi di Yogyakarta karena berkurangnya pembeli.

"Saat Lebaran tiba banyak orang yang membeli daging untuk masak. Sedangkan pemotongan sapinya berkurang. Maka harga daging sapi naik. Tapi, sesudah Lebaran pembeli menurun dan pemotongnya bertambah. Kami jadi takut naikin harga. Sekarang saja sudah sepi," jelas pria yang biasa berjualan daging sapi, di Pasar Colombo, Senin (10/8/2015).

Turunnya harga daging Sapi juga terjadi karena ketatnya persaingan antarpedagang, terutama pedangan pasar tradisional dengan pedagang pasar modern.

"Di sini yang dijual daging sapi lokal. Kalau (daging) impor tak laku. Sebenarnya, harga sapi potong dari pusat naik. Tapi, kami tidak bisa naikin harga karena takut gak laku. Pembeli di sini kalau harga mahal sedikit pasti sepi," tutur Yati, 60, pedagang daging Sapi, di Pasar Beringharjo.

Untuk tetap bisa meraih keuntungan, Yati menyiasatinya dengan mengurangi kuantitas pembelian daging "Biasanya saya beli 20-30 kilogram sehari. Sekarang saya beli hanya 10-20 kilogram," katanya.

Pantauan Metrotvnews.com di Pasar Colombo dan Beringharjo Yogyakarta, meskipun pembeli daging sapi berkurang, penjual tetap menjajakan daging di losmen mereka. Harga daging sapi di kedua pasar itu dipatok Rp95 ribu hingga Rp110 ribu per kilogram.


(UWA)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

58 minutes Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /