Petani Berharap Harga Jual Tembakau Sepadan

Agus Josiandi    •    11 Agustus 2015 10:42 WIB
tembakau
Petani Berharap Harga Jual Tembakau Sepadan
Foto: Seorang petani tembakau di Desa Majungan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menunjukkan tembakau/MTVN_Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Pamekasan: Tembakau di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mulai memasuki masa panen. Sayangnya, saat panen tiba, harga jual tembakau masih jauh dari harapan. Para petani berharap pemerintah bisa meningkatkan harga pokok tembakau agar petani tak merugi.

Petani di Desa Majungan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, mengaku harga tembakau di pasaran masih tidak sebanding dengan modal yang mereka keluarkan selama proses tanam.

Umar, 49, seorang petani di Desa Majungan, mengaku dia harus merogoh kocek jutaan rupiah untuk memanen tembakau.

"Kalau saya untuk satu kali panen harus mengeluarkan biaya sebesar jutaan dari memetik sampai merajang. Sementara harga jualnya hanya sekitar Rp30 ribuan. Enggak sebanding," kata Umar, di Desa Majungan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Selasa (11/8/2015).

Dia berharap pemerintah lebih bijak dalam menentukan harga pokok tembakau. Warga berharap harga tembakau setidaknya Rp40 ribu per kg agar hasilnya dapat menutupi biaya yang dikeluarkan petani saat masa tanam dan panen.

"Kalau bisa yang sekitaran Rp40 ribu, agar hasilnya bisa menutupi semua modal tanam yang sudah kami keluarkan," kata petani tembakau lainnya, Holidi.


(TTD)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

3 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /