Di Depan Ratusan Anak, Jokowi Cerita soal Rusa dan Biawak

Desi Angriani    •    11 Agustus 2015 12:29 WIB
hari anak nasional
Di Depan Ratusan Anak, Jokowi Cerita soal Rusa dan Biawak
Peringatan Hari Anak Nasional di Istana Bogor, Selasa (11/8/2015). Foto: Desi Angriani/MTVN

Metrotvnews.com, Bogor: Presiden Joko Widodo tak sungkan mencurahkan hatinya di depan ratusan anak-anak pada peringatan puncak Hari Anak Nasional. Dengan gaya khasnya dia bercerita soal kematian beberapa ekor rusa di Istana Bogor. 

Yang bikin syok, kata Jokowi, seekor rusa ditemukan mati dengan luka di buntutnya. Belakangan diketahui biawak lah yang menerkam buntut rusa itu. 

"Minggu lalu rusanya mati satu karena buntutnya diterkam biawak," ujar Jokowi disambut tawa anak-anak di Istana Bogor, Selasa (11/8/2015).

Jokowi mengaku sedih lantaran sudah merawat rusa itu selama tiga hari tapi tetap saja mati. Meski demikian, Jokowi mengaku masih punya 700 rusa yang selalu menemani kesehariannya di Bogor.

"Tiga hari dirawat tapi kemudian mati. Tapi masih ada 700 rusa," sambung dia.

Seusai bercerita, Jokowi memanggil perwakilan anak-anak dari wilayah Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi untuk maju ke depan. Ia membuat kuis dengan hadiah sepeda.

Sejumlah pertanyaan ringan pun ia lontarkan, seperti nama-nama provinsi, nama hewan, buah dan pembacaan Pancasila.

"Kamu itu saya tanya, malah balik bertanya. Kamu kok cowok cerewet banget. Namanya anak Indonesia. Anak Indonesia harus aktif. Nanti kalau pulang, kasih alamat, dan akan saya paketkan," imbuh Jokowi kepada salah seorang anak dari Kalimantan.

Dengan sedikit guyonan dan wajah polos anak-anak, Jokowi berhasil membuat peserta yang hadir cekikikan. Pembagian hadiah hanya berlangsung 60 menit dilanjutkan dengan foto bersama Presiden.

Momen perayaan ini juga dihadiri sejumlah menteri Kabinet Kerja, Ketua DPR, Ketua MPR, artis cilik, seniman dan Ketua Satgas Perlindungan anak Seto Mulyadi.

Sekadar untuk diketahui, Hari Anak Nasional (HAN) jatuh tiap 23 Juli di setiap tahunnya. Namun, karena berbagai alasan, peringatan HAN baru dapat digelar pada Agustus Ini.

Tema peringatan HAN 2015 kali ini adalah "Wujudkan Lingkungan dan Keluarga Ramah Anak" dengan tiga sub tema, yaitu bangun karakter anak Indonesia yang berkualitas dan berahlak mulia, wujudkan ketahanan keluarga untuk mendorong tumbuh kembang anak Indonesia yang sehat dan berprestasi, serta wujudkan rekonstruksi sosial dalam menciptakan lingkungan yang melindungi hak anak.


(KRI)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

12 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /