Dirjen Pajak Hanya Mampu Serap Pajak Akhir Tahun 91%

Husen Miftahudin    •    11 Agustus 2015 15:55 WIB
pajak
Dirjen Pajak Hanya Mampu Serap Pajak Akhir Tahun 91%
Illustrasi Pajak ANT/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Sigit Priadi Pramudito mengaku pihaknya hanya mampu mengumpulkan pajak hingga akhir 2015 sebanyak 91 persen atau menjadi Rp1.367 triliun dari target awal yang ditetapkan sebesar Rp1.489,3 triliun.

"Hitungan kami dengan melihat kinerja reinventing policy tiga bulan ini kami sampaikan pada Presiden dan Menkeu serapan pajak mungkin hanya tercapai 91 persen atau kita kekurangan Rp120 triliun," ujar Sigit ditemui Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (11/8/2015).

Meskipun begitu, pihaknya tetap berusaha mengejar pencapaian penerimaan pajak meski hanya 91 persen dari target yang ditetapkan. Pasalnya, penerimaan pajak sebesar itu dirasa cukup bagus mengingat masih ada 
kenaikan penerimaan sebesar 26 persen.

Ia pun melihat potensi imbauan pembetulan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan kepada wajib pajak sangat berpotensi untuk menggenjot penerimaan pajak. Maka itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi reinventing policy kepada masyarakat karena di dalamnya terdapat ekstensifikasi (penambahan jumlah wajib pajak terdaftar) dan intensifikasi (peningkatan pungutan pajak).

"Kami bertekad akan tercapai karena jumlah imbauan-imbauan yang kami sudah kirim banyak potensinya, tapi masih tunggu kepastian tahun pembinaanya. Kami akui memang mungkin kami harus lebih sosialisasikan  itu," papar dia.

Saat ini, realisasi hingga Juni 2015 untuk reinventing policy telah mencapai sebanyak Rp30 triliun. Sebanyak Rp22,4 triliun berasal dari intensifikasi dan Rp7,6 triliun dari ekstensifikasi.

"Total awal (target reinventing policy) Rp250 triliun untuk ekstensifikasi dan intensifikasi. Karena dipotong Rp120 triliun, jadi kita targetkan Rp130 triliun," tutup Sigit.


(SAW)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /