Kadin Desak Konservasi Terumbu Karang Jadi Prioritas Nasional

Antara    •    11 Agustus 2015 16:01 WIB
perikanan
Kadin Desak Konservasi Terumbu Karang Jadi Prioritas Nasional
Terumbu Karang ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menginginkan Pemerintah khususnya Kementerian Kelautan dan Perikanan guna memprioritaskan pembudidayaan terumbu karang yang telah 
banyak rusak di berbagai kawasan perairan.

“Kami mendesak pemerintah agar budidaya dan konservasi terumbu karang menjadi prioritas nasional," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Selasa (10/8/2015).

Yugi mengungkapkan, berdasarkan data Korps Marinir TNI AL, nilai terumbu karang saat ini secara global mencapai angka USD352 ribu per hektare (ha) per tahun. Nilai itu, diperoleh dari perhitungan sektor wisata, habitat ikan, perlindungan pantai. “Nilainya secara keseluruhan mencapai USD9,9 triliun secara global,” kata dia. 

Selain itu, terumbu karang juga memberikan manfaat bagi 94 negara di dunia, termasuk di Indonesia di mana terumbu karang juga memiliki manfaat potensi ekonomi dan pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat.

Apalagi  Indonesia pada 2014 memiliki 199 Kawasan Konservasi Laut seluas 16,45 juta ha, dan cakupan karang 2.517.858 ha.

"Artinya, peluang Indonesia memperoleh manfaat lebih besar dari konservasi dan pembudidayaan Terumbu Karang, menjadi semakin besar," kata Yugi.

Kadin Kelautan dan Perikanan, menurut dia, secara proaktif juga melakukan langkah-langkah cepat dan responsif untuk menyelamatkan terumbu karang antara lain bekerja sama dengan TNI AL untuk turun ke lapangan guna membersihkan terumbu karang.

"Intinya, Kadin Kelautan dan Perikanan mendesak pemerintah menjadi budidaya dan konservasi terumbu karang menjadi prioritas nasional," ujar Yugi.


(SAW)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

21 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /