Setengah dari Total Penampungan Air di Sampang Mengering

Agus Josiandi    •    11 Agustus 2015 16:26 WIB
kemarau dan kekeringan
Setengah dari Total Penampungan Air di Sampang Mengering
Foto: Ilustrasi kekurangan air bersih di Desa Sumberaji, Kabuh, Jombang, Jawa Timur/Ant_Syaiful Arif

Metrotvnews.com, Sampang: Penampungan air (embung) milik warga Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, akibat musim kemarau panjang. Data Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Sampang, sebesar 50 persen dari 71 embung yang ada sudah mengering.

Kabid Operasi dan Pemeliharaan Dinas PU Pengairan Kabupaten Sampang, Imam Irawan, mengatakan embung yang sudah mengering di antaranya berada di Kecamatan Kedungdung, Kecamatan Robetal, dan Kecamatan Ketapang.

"Dari 71 embung perkiraan separuhnya mengering. Jumlah pastinya kita belum tau karena terkendala tenaga lapangan," ujar Irawan, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (11/8/2015).

Irawan melanjutkan, embung yang seharusnya difungsikan sebagai sarana saluran irigasi persawahan, selama  musim kemarau beberapa waktu terakhir,  oleh warga juga digunakan untuk memenuhi keperluan sehari-hari,  seperti mandi, memasak dan mencuci. Oleh karena itu embung yang ada sudah mengering kendati  kemarau baru memasuki awal musim.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Sampang,  Anang Joenaidi  menjelasakan. Pada musim kemarau panjang ini, pihaknya melakukan distribusi air bersih dengan menggerakkan 2 unit mobil tangki setiap harinya,  guna menyalurkan bantuan air bersih secara bergiliran di sejumlah wilayah terdampak kekeringan.


(TTD)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /