Beragam Kalangan Ikuti Workshop Fotografi

   •    11 Agustus 2015 19:04 WIB
wisata
Beragam Kalangan Ikuti Workshop Fotografi
Workshop Dari Balik Lensa, Potret Kotaku, yang digelar Media Indonesia (Foto:MI)

Metrotvnews.com, Bandung: Kota Bandung dipilih menjadi kota pertama rangkaian workshop Dari Balik Lensa, Potret Kotaku, yang digelar Media Indonesia di tiga kota besar, Sabtu, 8 Agustus.

Gedung bersejarah serta sejumlah pemandangan kota di kawasan Jalan Asia Afrika menjadi objek foto utama workshop yang diikuti 70 peserta.

"Bandung dipilih karena kota ini memiliki sejarah panjang. Apalagi, April lalu, Bandung juga sukses menggelar peringatan Konferensi Asia Afrika," ujar Ketua Pelaksana workshop, Euis Rumiris.

Acara yang disponsori oleh Kereta Api Indonesia, PT Citilink Indonesia, Accor Hotels, Ibis Network Indonesia, Astragraphia, Alfamart, Penerbit Serambi, dan Starbucks ini digelar selama sehari penuh.

Peserta mengikuti workshop dalam tiga sesi. Setiap sesinya diisi dengan hunting foto, yang hasilnya dinilai tim dan pembicara workhsop Hariyanto, Kepala Divisi Foto dan Artistik Media Indonesia.

Di depan para peserta, Hariyanto yang akrab disapa Mas Har memaparkan perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, membuat siapa pun bisa menjadi fotografer.

"Untuk mendapat predikat sebagai fotografer, seseorang tidak harus bisa mengoperasikan kamera jenis SLR atau DSLR saja. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, siapa saja bisa menjadi fotografer. Mereka bisa mengambil gambar dengan telepon seluler, tidak harus kamera," jelasnya.

Hanya saja, lanjut dia, ada beberapa elemen agar foto itu memenuhi syarat sebagai foto jurnalistik, yakni kemerdekaan, kemampuan teknis, kepekaan terhadap estika, energi dan daya, serta keingintahuan intelektual.

Di luar kelas, Hariyanto mengakui workhsop fotografi Media indonesia mendapat respons besar dari para peminat fotografi. Tahun ini, workshop memasuki tahun kedua. "Animo peserta sangat tinggi," tutur Mas Har.

Tingginya animo untuk belajar fotografi jurnalistik juga terlihat dari beragam kalangan yang menjadi peserta workshop. Tidak hanya mahasiswa, juga pelajar SMP dan SMA. Bahkan, beberapa peserta yang sudah berusia di atas 55 tahun terlihat sangat antusias mengikuti kelas.

Luneta Lutfhiana, peserta yang berstatus pelajar SMA BPI 1 Bandung mengaku, dengan menjadi peserta workshop dia semakin terpacu menekuni fotografi. "Saya hobi fotografi sejak kelas 2 SMP. Saya memotret semua aktivitas yang bagus," akunya.

Benny S Butarbutar, VP Corporate Communications PT Citilink Indonesia, mendukung kegiatan ini guna mendorong kreativitas. "Kami berharap kegiatan ini bisa menceritakan Indonesia kepada dunia," kata Benny.
    
Sementara, Manager Marketing Communications Ibis Trans Bandung Dina Novia menilai workshop fotografi ini menjadi harapan baru bagi komunitas fotografi, khususnya di Bandung.

"Ini bisa menambah daya tarik wisatawan datang ke Bandung," ucap Dina, optimistis.


(ROS)

Prediksi Thailand vs Indonesia: Memanfaatkan Tren Positif Garuda
Jelang Thailand vs Indonesia

Prediksi Thailand vs Indonesia: Memanfaatkan Tren Positif Garuda

2 hours Ago

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi tuan rumah Thailand dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia…

BERITA LAINNYA
Video /