Babel Bangun Lima Hektare Bawang Merah

Antara    •    11 Agustus 2015 19:31 WIB
pertanian
Babel Bangun Lima Hektare Bawang Merah
bawang merah MI/BENNY BASTIANDY

Metrotvnews.com, Pangkalpinang: Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan membangun lima hektare (ha) pertanian bawang merah, dalam upaya mengurangi ketergantungan pasokan bawang impor di daerah itu.

"Hari ini pemantapan lahan bawang merah di Desa Jati Bahrin, Lubuk Kelik dan Benoa Kabupaten Bangka," kata Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Distanbunnak Babel Herry di Pangkalpinang, Selasa (11/8/2015).

Ia menjelaskan anggaran pembangunan pertanian bawang merah sebesar Rp60 juta berasal dari APBD 2015, dalam upaya minat petani mengembangkan pertanian  bawang merah.

"Pada tahun ini pertanian bawang merah difokuskan di tiga desa yaitu Desa Jati Bahrin seluas dua ha, Benoa dua ha dan Desa Lubuk Kelik satu ha," ujarnya.

Apabila kegiatan pemantapan lahan bawang merah selesai, kata dia, pihaknya akan menyalurkan pupuk dan bibit kepada kelompok petani sebagai pengelola petanian bawang merah tersebut.

"Kita hanya memfasilitasi melatih, dan mendampingi kelompok petani, agar hasil bawang merah memuaskan dan pada akhirnya dapat memotivasi petani lainnya untuk mengembangkan bawang merah ini," ujarnya.

Menurut dia saat ini minat petani mengembangkan bawang merah ini masih rendah, karena kurangnya sumber daya manusia dalam mengelola pertanian tersebut, sehingga hampir 100 persen bawang merah kebutuhan masyarakat dipasok dari daerah sentra produksi di Pulau Jawa dan Sumatera.

"Mudah-mudahan dengan pengembangan bawang merah ini dapat mengurangi ketergantungan bawang merah dari luar daerah, sehingga pemerintah daerah dapat menjaga stabilitas harga komoditas tersebut," ujarnya.





(SAW)

Data dan Fakta Jelang Atletico Madrid vs Roma
Jelang Atletico vs AS Roma

Data dan Fakta Jelang Atletico Madrid vs Roma

2 hours Ago

Atletico Madrid butuh kemenangan agar asa lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Akan tetapi, …

BERITA LAINNYA
Video /