LSM-LBH Yogyakarta Sediakan Posko Pengaduan Pungutan Liar Sekolah

Ahmad Mustaqim    •    11 Agustus 2015 19:39 WIB
pendidikan
LSM-LBH Yogyakarta Sediakan Posko Pengaduan Pungutan Liar Sekolah
Sekretaris Sarang Lidi, Yuliani Putri Sunardi (kanan) dan Direktur LBH Yogyakarta, Hamzal Wahyudin (kiri) saat di Kantor LBH Yogyakarta, Metrotvnews.com/ Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Lembaga Bantauan Hukum (LBH) Yogyakarta bersama LSM yang peduli dengan dunia pendidikan Sarang Lidi, dan forum LSM Yogyakarta, menyediakan posko pengaduan pungutan liar sekolah. Posko tersebut berada di kantor LBH Yogyakarta, Jalan Ngeksigondo Nomor 5A, Kota Yogyakarta.

Sekretaris Sarang Lidi, Yuliani Putri Sunardi mengatakan pembuatan posko pengaduan tersebut penting. Ia menduga banyak sekolah yang menarik pungutan dengan besar bagi orang tua siswa.

Berdasarkan data Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) Yogyakarta, ada sebanyak 50 sekolah yang diduga menarik pungutan liar. Sementara LSM Sarang Lidi memperoleh laporan lebih 10 sekolah negeri diduga melakukan pungutan liar.

"Kalau pihak sekolah mau melakukan bisnis jangan di dunia pendidikan. Dunia pendidikan bukan lahan bisnis," kata Yuliani di kantor LBH Yogyakarta, Selasa (11/8/2015).

Direktur LBH Yogyakarta, Hamzal Wahyudin mengatakan posko yang didirikan bersama itu akan mengakomodasi pengaduan orang tua siswa yang menjadi korban pungutan liat dari sekolah. Pihaknya menyatakan akan menindaklanjuti laporan yang nantinya diperoleh.

"Sekolah negeri dilarang menarik pungutan kepada siswanya. Hal itu diperkuat dengan ada PP Nomor 17 Tahun 2010 yang diubah menjadi PP Nomor 66 Tahun 2010. Pungutan dengan jenis apapun tak memiliki dasar hukum," ungkapnya.


(RRN)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

12 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /