Mengekor Harga Daging, Harga Gula Ikut Malambung

Wibowo    •    11 Agustus 2015 22:01 WIB
Mengekor Harga Daging, Harga Gula Ikut Malambung
Buruh memindahkan gula ke atas kapal barang untuk dikirim ke Nusa Tenggara Barat (NTB) di Pelabuhan Rakyat Paotere, Makassar, Sulsel.ANT/Ekho Ardiyanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Harga gula pasir di sejumlah daerah tiba-tiba melambung, mengikuti harga daging sapi. Harga gula pasir kini berkisar Rp13 ribu sampai Rp15 ribu per kilogram.

Di Lampung, misalnya, harga gula pasir naik Rp1.000 menjadi Rp12.500 per kg. Bahkan di Bengkulu, harga gula pasir sudah mendekati Rp14 ribu/kg.

"Kami ingin pemerintah kembali menggelar operasi pasar (OP) gula pasir," kata Tina Kusumawardhani, 45, warga Bengku, dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, Selasa (11/8/2015).

Tina mengatakan, saat OP menjelang Lebaran, harga gula pasir bisa ditekan di bawah Rp11 ribu/kg. Tapi, kini, setelah Idul Fitri harga gula pasir mulai melambung lagi.

Andi Suryana, 40, pedagang sembako di Lampung, menaksir harga gula pasir bisa tembus Rp16 ribu/kg. "Ini akan terus naik karena stok terbatas," kata Andi.

Di Banten, harga gula pasir pun melompat tajam di kisaran Rp14 ribu sampai Rp15 ribu tiap kilogram. "Kalau harga gula pasir naik terus, saya khawatir harga makanan minuman akan menyusul naik. Pemerintah harus memperhatikan masyarakatnya," kata Siti Kartini, 37, warga Banten.

Siti berkata lagi, "Saat bulan puasa ada operasi pasar gula. Sekarang sudah tak ada lagi. Makanya harganya naik lagi. Seharusnya tiap bulan pemerintah mengadakan OP."

Pada Ramadan 2015, pemerintah gencar menggelar OP gula pasir di banyak daerah di luar Pulau Jawa, seperti Aceh, Bengkulu, Babel, Maluku, NTT, Papua, dan wilayah perbatasan untuk mencegah penyelundupan. Pemerintah menunjuk Induk Koperasi Kartika (Inkop Kartika) untuk mendistribukannya.

Dalam OP, Inkop menggelontorkan 100 ribu ton gula pasir. Pendistribusian dilakukan dua pekan sebelum puasa hingga H+7 Lebaran. Alhasil, harga gula pasir bisa ditekan di bawah Rp11 ribu/kg.
(ICH)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /