Kekeringan, Warga Brebes Diselamatkan Keberadaan Sumur Ini

Kuntoro Tayubi    •    11 Agustus 2015 22:48 WIB
kekeringan
Kekeringan, Warga Brebes Diselamatkan Keberadaan Sumur Ini
Sumber air Dusun Girang, Desa Cikuesal. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoto Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Musim kemarau membuat ketersediaan air bersih sulit ditemukan di Desa Cikeusal Kidul, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Warga rela berjalan mencari sumber air bersih yang jaraknya puluhan kilometer.

Namun, sejak dibangunnya sumur di tengah sawah Dusun Girang, Desa Cikeusal pada 1980, kesulitan warga sedikit teratasi. Sebab, air di dalam sumur tersebut tidak pernah mengering meskipun kemarau panjang.

Sumur yang dibangun di atas tanah milik Tusdi, 60, warga Dusun Girang ini telah dibuatkan pompa air melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) pada 2012. Air yang disedot dari mesin pompa tersebut dialirkan ke perkampungan penduduk melalui pipa.

Mualim, 50, warga setempat sangat memanfaatkan adanya sumber air ini. Air yang diperoleh digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti minum, cuci pakaian dan mandi.

“Sangat membantu saat kondisi kemarau seperti ini. Sebab, banyak sumur di desa kering karena tidak ada airnya,” ungkap Mualim kepada Metrotvnews.com, Selasa (11/8/2015).

Ketua Paguyuban Urang Cikeusal, Sartono Bisri, berharap pemerintah kabupaten bisa meninjau lokasi tersebut supaya ada peningkatan kapasitas mesin pompa air.

"Secara potensi sebenarnya Desa Cikeusal memiliki banyak sumber mata air yang bisa dimaksimalkan karena berada di kaki Gunung Kumbang, " ujarnya.

Saat ini, sedikitnya 1.500 jiwa warga Desa Cikeusal sudah memanfaatkan sumber mata air Dusun Girang. Kendala yang masih dirasakan warga adalah sering matinya pompa air sehingga air tidak bisa mengalir ke rumah warga melalui pipa-pipa yang sudah terhubung.


(UWA)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

16 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /