Air Liur dan Tanda Penyakit

   •    12 Agustus 2015 15:17 WIB
kesehatan
Air Liur dan Tanda Penyakit
Mulut kering pertanda kurang minum. (foto:healthtap)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setiap hari, tubuh Anda memproduksi sekitar 5 ons air liur. Menurut Kimberly Harms, juru bicara American Dental Association, saliva Anda sebenarnya membantu menjaga kesehatan gusi, mencegah kerusakan gigi dan membersihkan partikel makanan.

Kondisi ludah Anda juga sebenarnya bisa menjadi petunjuk apa yang sedang terjadi di dalam tubuh Anda. Maka dari itu, Kimberly menjelaskan ada beberapa tanda yang harus Anda perhatikan, berikut di antaranya.

1. Mulut Anda kering
Ada banyak obat-obatan seperti dekongestan dan antihistamin, menjadi penyebab mulut kering sebagai efek samping. Biasanya, saat usia Anda menua, ada banyak masalah kesehatan yang mengharuskan Anda minum banyak obat. Tapi hati-hati, mulut kering dan Anda tidak mengeluarkan saliva sama sekali bisa berdampak buruk pada kesehatan gigi Anda. Untuk mengantisipasinya, Anda perlu sikat gigi rutin dua kali sehari dan juga check up secara teratur.

2. Ludah berwarna putih
Ini mungkin Anda memiliki infeksi oral. Ada jamur di dalam mulut yang menyebabkan Anda sariawan. Sementara sariawan jarang menyerang orang dewasa yang sehat. Nah, apabila Anda memiliki diabetes, Anda mungkin akan sangat rentan terkenanya karena gula dalam air liur dapat menyebabkan pertumbuhan ragi sehingga ludah Anda berwarna putih. Biasanya jika Anda periksa ke dokter, Anda pasti diresepkan untuk minum obat antijamur supaya membersihkan infeksi.

3. Memiliki molekul RNA tertentu
Air liur bisa menjadi gudang informasi tentang genetik dan hormon Anda. Para peneliti menemukan bahwa saliva menjadi diagnosa untuk penyakit diabetes dan kanker. Bahkan, penelitian dari Northwestern University, menyebutkan tes ludah juga dapat menilai tingkat hormon melatonin Anda. Tentu saja, dunia medis mendapatkan banyak keuntungan dari ini.

4. Mulut Anda terasa asam
Menurut Israel Kleinberg, seorang dokter gigi dapat dengan cepat menilai pH Anda hanya dengan ludah Anda. Air liur yang asam dapat membuat gigi Anda mengikis dan menyebabkan gigi berlubang. Jadi, apabila gigi Anda berlubang itu karena tingkat keasaman pH Anda tinggi. Makan daging merah atau unggas solusi tepat untuk menurunkan keasaman air liur Anda.

5. Sering meludah
Sering meludah itu pertanda bahwa Anda mungkin memiliki masalah prego. Akan tetapi, penelitian menunjukkan wanita hamil cenderung menghasilkan lebih banyak air liur. Hal ini terjadi karena perubahan hormon atau hanya efek samping dari rasa mual. Tidak ada risiko yang nyata, tapi jika sudah parah, Anda bisa sering berludah hanya dalam hitungan beberapa menit. Mengunyah permen karet bisa membantu Anda dalam mengurangi jumlah saliva yang berlebihan.

6. Ludah Anda pahit
Sudah pasti Anda memiliki penyakit refluks. Sebab kondisi ini memungkinkan asam lambung naik ke tenggorokan sehingga Anda merasa mulut Anda pahit. Terlepas dari rasa mulut yang pahit, gejala lainnya seperti bau mulut atau mual juga menunjukkan Anda menderita refluks. Solusinya, Anda hanya perlu mengubah gaya hidup Anda dengan menurunkan berat badan dan tidak memakan makanan pedas dan berlemak. (Sumarni/ Prevention)


(LOV)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

1 day Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /