Jadi Menko Perekonomian, Darmin Tak Merasa seperti Orang Baru

Suci Sedya Utami    •    12 Agustus 2015 18:45 WIB
reshuffle kabinet
Jadi Menko Perekonomian, Darmin Tak Merasa seperti Orang Baru
Darmin Nasution resmi menjadi Menko Perekonomian MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Darmin Nasution resmi menjadi Menko Perekonomian Sofyan Djalil yang dirotasi sebagai Kepala Bappenas dalam perombakan (reshuffle) Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-JK.

Dalam serah terima jabatan, Darmin mengakui meskipun posisi ini baru namun dirinya merasa seperti bukan orang asing di jajaran ekonomi pemerintahan. Pasalnya dia merasa cukup akrab dengan orang-orang yang ada di lingkungan Kemenko Perekonomian, walaupun sebagaian pegawai baru tentu belum mengenal dirinya.

“Saya sudah masuk di pemerintahan 1994. Ya sudah 20 tahun lebih," kata Darmin saat sertijab di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu (12/8/2015).

Dirinya pun bercerita, saat itu ekonomi Indonesia pun sedang mengalami gejolak. Meskipun pada saat pemerintahan Presiden Soeharto, pertumbuhan ekonomi tinggi 7-8 persen, namun Indonesia selalu didera current account deficit (CAD) atau defisit transaksi berjalan, meski tidak besar dan dianggap sebagai defisit ringan yang tidak berisiko.

"Dua kali mengalami lonjakan CAD, 1983 saya belum masuk pemerintahan, pemerintah lakukan perombakan besar-besaran dan mengubah orientasi ke luar," terang Darmin.

Dia mengatakan kantor Menko Perekonomian sering dikritisi para pengamat. Meskipun saat ini kondisinya jauh dari krisis, namun Indonesia sedang menghadapi keadaan yang tidak begitu nyaman. 

"Saya percaya rekan-rekan di Kemenko perekonomian adalah tim yang bagus. Saya percaya teman-teman jalankan fungsinya sekuat tenaga," pungkasnya.





(SAW)