Presiden Minta Darmin Percepat Penyerapan Anggaran

Antara    •    12 Agustus 2015 18:48 WIB
reshuffle kabinet
Presiden Minta Darmin Percepat Penyerapan Anggaran
Darmin Nasution (AP Photo/Tatan Syuflana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution yang baru saja dilantik untuk bisa memperepat proses penyerapan anggaran. Pasalnya, sejauh ini penyerapan anggaran masih belum signifikan.

Darmin Nasution setelah dilantik di Istana Negara, Jakarta, mengaku bahwa dirinya mendapatkan pesan khusus dari Presiden Jokowi untuk mendorong pencairan anggaran. Hal ini menjadi penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Supaya terjadi percepatan. Kemudian Presiden menyampaikan perlunya didorong investasi dan arus modal masuk dalam rangka tentu saja karena ada persoalan kurs seperti sekarang ini. Jawabannya adalah perlunya modal masuk dari luar. Dan itu adalah hal-hal yang perlu dibicarakan dalam waktu dekat ini," kata Darmin, di Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Ia menyatakan ada beberapa hal sebagai pesan untuk permulaan dari Presiden kepada dirinya yang menggantikan posisi Sofyan Djalil sebagai Menko Perekonomian sebelumnya. Beberapa hal itu nantinya diharapkan secara bertahap menyelesaikan persoalan ekonomi.

Darmin mengungkapkan ia diminta Presiden mengenai pentingnya membicarakan dan me-review kembali mengenai masalah pangan. "Termasuk persoalan data, kekeringan, termasuk pentingnya koordinasi. Sehingga sebaiknya setiap kementerian menyampaikan suatu kebijakan itu sudah dibicarakan dengan kementerian lain," katanya.

Namun demikian, Darmin enggan berbicara lebih jauh termasuk soal pertumbuhan ekonomi. "Saya bilang, saya akan ngomong semua lebih lengkap di sana (Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian)," pungkasnya.


(ABD)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /