Teten: Tak Ada Tekanan PDIP dalam Pencopotan Andi

Desi Angriani    •    12 Agustus 2015 19:18 WIB
reshuffle kabinet
Teten: Tak Ada Tekanan PDIP dalam Pencopotan Andi
Teten Masduki. Foto: Prasetyo Utomo/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki mengatakan reshuffle diputuskan tanpa tekanan. Dia menjamin pencopotan Andi Widjajanto dari jabatan Sekretaris Kabinet bukan atas tekanan PDI Perjuangan. 

"Saya kira enggak lah. Ini hal biasa saja. Ini kan implementasi otoritas Presiden," kata Teten di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Menurutnya, parpol-parpol yang menjadi pengusung utama Jokowi-JK sama sekali tak mendikte pemerintah. Keputusan itu diambil Jokowi semata demi memperbaiki kinerja kabinet agar lebih efektif dan efesien.

"Enggak ada kami tahu persis bagaimana prosesnya. Ini sama-sama komitmennya memperbaiki kinerja kabinet," tutur pegiat antikorupsi ini.

Meski digantikan politikus Senior PDI Perjuangan Pramono Anung, jelas dia, bukan berarti kinerja Andi buruk. Jokowi mengapresiasi kinerja orang-orang yang pernah menjadi pembantunya.

"Bukan berarti tidak perform, kan juga konsolidasi pemberitaan juga harus dilakukan. Kan ada reposisi, tapi ada kebutuhan reposisi itu untuk pemerintahan lebih solid," imbuhnya.

Ia mengaku terlibat langsung selama proses komunikasi pergantian menteri-menteri  tersebut. Ia bersama Mensesneg Pratikno ditugaskan memanggil menteri-mneteri yang akan dicopot atau digeser ke Istana Merdeka, pada Selasa 11 Agustus malam.

"Semalam. Jadi prosesnya, setelah Maghrib kemarin, Presiden menugaskan Pak Tikno, lalu saya ikut dampingi, Pak JK dan Pak Presiden hadir lalu masing-masing menteri yang akan diganti dipanggil lalu diberitahukan alasan penggantiannya," pungkas Teten.

Hubungan Andi dan PDI Perjuangan sempat renggang. Salah seorang politikus PDI Perjuangan sempat menuding Andi menjauhkan hubungan partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu dan Jokowi. Beberapa politikus PDI Perjuangan bahkan mendorong Jokowi untuk segera mencopot Andi.


(KRI)