Jokowi: Darmin Nasution Miliki Kekuatan Selesaikan Masalah Ekonomi

Angga Bratadharma    •    12 Agustus 2015 19:34 WIB
reshuffle kabinet
Jokowi: Darmin Nasution Miliki Kekuatan Selesaikan Masalah Ekonomi
Presiden Joko Widodo (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, Darmin Nasution memiliki kekuatan untuk menyelesaikan berbagai macam persoalan ekonomi yang tengah terjadi sekarang ini. Hal ini diyakini Jokowi sejalan dengan banyaknya pengalaman yang dimiliki Darmin Nasution dibidang perekonomian.

"Ekonomi merosot, keuangan global dengan adanya penguatan suku bunga di Amerika Serikat, di dalam sehari dua hari ada depresiasi yuan sehingga mengguncangkan juga saham dan keuangan di dunia. Saya kira kita membutuhkan menko yang tahu masalah ekonomi makro," kata Jokowi, saat diwawancara eksklusif MetroTV, di acara Primetime News, di Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Tidak hanya itu, Jokwoi juga menilai, Indonesia memerlukan menko yang memahami persoalan ekonomi di bidang moneter, memahami kondisi sektor riil, dan juga memahami ekonomi kerakyatan. Hal ini menjadi penting guna mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi sesuai dengan harapan.

"Tahu masalah moneter tapi juga tahu sektor riil dan juga ekonomi rakyat. Saya melihat hal Darmin Nasution memiliki kekuatan di situ," ungkap Jokowi.

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa patut disyukuri perlambatan ekonomi Indonesia tidak separah perlambatan ekonomi di negara lain. Di negara lain, ada negara yang mengalami perlambatan ekonomi 1,5 persen, 1,2 persen, 0,9 persen, dan lainnya. Sementara Indonesia, perlambatannya tidak sampai di angka tersebut.

"Ini patut disyukuri. Untuk itu, kita memerlukan menko dan menteri-menteri yang tahu betul apa yang harus dilakukan. Misalnya membuat regulasi-regulasi sehingga menarik investasi untuk masuk ke Indonesia," pungkas Jokowi.



(ABD)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

20 hours Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /