Penyerapan Anggaran di Sektor Pertanian Meningkat 100%

Gervin Nathaniel Purba    •    12 Agustus 2015 20:02 WIB
kementan ads
Penyerapan Anggaran di Sektor Pertanian Meningkat 100%
Pertanian ANTARA FOTO/ Ahmad Subaid

Metrotvnews.com, Berau: Penyerapan anggaran di sektor pertanian meningkat sebanyak 100 persen atau setara Rp16,9 triliun. Menurut Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah.

"Dari sisi penyerapan anggaran di sektor pertanian naik sebesar 100 persen atau setara Rp16,9 triliun," ujar Mentan Amran Sulaiman saat memberi kata sambutan di Kampung Buyung-Buyung Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Rabu (12/8/2015).

Ia juga menambahkan khusus untuk penyerapan anggaran di Kabupaten Berau di sektor yang sama tahun ini naik tiga kali lipat sebesar Rp15 miliar. Tahun sebelumnnya total penyerapan anggaran hanya sebesar Rp5 miliar.

"Khusus Kabupaten Berau penyerapan anggaran tahun lalu sebesar Rp5 miliar. Tahun ini naik tiga kali lipat sebesar Rp15 miliar," ungkap Amran Sulaiman.

Sedangkan penyerapan anggaran untuk Kalimantan Timur (Kaltim) tahun ini di sektor pertanian kurang lebih sebesar Rp500 miliar. Naik dari tahun sebelumnya kurang lebih sebesar Rp165 miliar.

"Kaltim tahun ini penyerapan anggaran di sektor pertanian kurang lebih sebsar Rp500 miliar," ujar Amran Sulaiman.

Dalam kesempatan yang sama, Amran berjanji akan menggunakan anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memberikan bantuan kepada petani Desa Buyung-Buyung. Nantinya bantuan yang diberikan kepada petani tersebut berupa traktor.

"Anggaran sebesar Rp4,1 triliun keluar setelah panen baru. Anggaran tersebut berasal dari pemotongan biaya seminar dan perjalanan dinas. Itu sudah dapat izin dari Presiden. Hal ini dalam memberikan bantuan cepat keluar desa," katanya.



(SAW)