Sofyan Djalil, Menteri Paling Lovable Versi Pewarta Forkem

Suci Sedya Utami    •    13 Agustus 2015 09:02 WIB
Sofyan Djalil, Menteri Paling <i>Lovable</i> Versi Pewarta Forkem
Sofyan Djalil saat ber-selfie bersama pewarta forum komunikasi wartawan ekonomi makro (Forkem). FOTO: MTVN/Suci Sedya Utami

Metrotvnews.com, Jakarta: Reshuffle kabinet telah dilakukan. Mantan Menko Perekonomian Sofyan Djalil pun turut dirotasi menjadi Kepala Bappenas.

Pindahnya Sofyan yang tak akan berkantor lagi di kantor Kemenko Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, cukup membuat haru biru para wartawan yang tergabung dalam forum komunikasi wartawan ekonomi makro (Forkem) yang biasa bertugas di sana.

Salah satunya Fiki Ariyanti, wartawan Liputan6.com yang merasa kehilangan sosok menteri yang lovable dan bersahabat pada media. Selama 10 bulan Sofyan menjabat sebagai menko, kata Fiki, Sofyan selalu meluangkan waktu dan tak pernah sungkan untuk melayani awak media yang bertanya pada dirinya.

"Merasa sedih meski diganti dengan orang yang mungkin lebih baik, selama 10 bulan kita sudah dekat banget," kata Fiki pada Metrotvnews.com, Jakarta, Rabu, 12 Agustus 2015.

Namun demikian, Fiki mengakui tidak ada sosok manusia yang sempurna di dunia ini. Meski Sofyan orang yang sangat baik, tidak pernah marah, ramah pada media, dan juga smart dalam menguasai segala bidang di ekonomi, tetap saja ada kekurangannya.


Momen saat Sofyan Djalil bersama wartawan Forkem.

Sofyan dianggap kesulitan dan tak punya taring dalam mengkoordinasikan para menteri di jajaran ekonomi. Terbukti dari setiap rapat koordinasi yang digelar, dari sejumlah nama menteri yang dijadwalkan hadir, namun kenyataannya yang benar-benar datang bisa dihitung jari. Padahal dalam setiap rakor merupakan agenda pembahasan yang penting dan menyangkut program-program prioritas Presiden Jokowi.

"Kalau untuk media darling (sosok yang jadi kesayangan media) dia paling dekat, kalau untuk menjalin pertemanan dia oke. Tapi beliau susah mengumpulkan menteri-menteri untuk dikoordinasikan," tutur wanita ini.

Tak hanya Fiki yang menganggap Sofyan sebagai menteri yang bersahabat, Dewi wartawan detik.com merasakan baiknya Sofyan yang notabennya merupakan orang penting nan sibuk, namun masih mau meladeni wartawan yang tidak hanya bertanya, namun juga mengajak selfie bareng.

Dirinya pun mendoakan Sofyan, meskipun sudah tak menjabat Menko Perekonomian, namun masih ada dalam pemerintahan dan bisa sukses menjalankan tugas barunya sebagai Kepala Bappenas/ Menteri PPN.

"Mulai mencintai (Sofyan), eh ditinggal pergi. Sukses di tempat baru Pak," ucap Dewi dalam caption foto di salah satu akun sosialnya.

Asal tahu saja, menteri yang usianya tidak muda lagi ini memang akrab dengan wartawan, terutama wartawan yang sehari-hari bertugas di Kemenko Perekonomian. Dirinya pun tak segan meminta agar dimasukkan ke dalam grup koordinasi wartawan melalui aplikasi What's App untuk saling bersilaturahmi dan bertukar pikiran.


Sofyan Djalil saat selfie bareng pewarta.

Dalam sambutannya saat serah terima jabatan, Sofyan pun mengakui kedekatannya dengan para wartawan selama Ia menjabat 10 bulan menjadi Menko Perekonomian.

"Teman-teman wartawan sangat setia kita ada grup What's App Forkem. Maafkan saya suka bikin stres kalian. Stres karena menunggu rakor sampai malam. Tapi pertemuan kita selama ini sangat baik," aku Sofyan.
(AHL)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

1 day Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /