Kalsel Optimistis Produksi Padi Tetap Surplus

Antara    •    13 Agustus 2015 12:21 WIB
pertanian
Kalsel Optimistis Produksi Padi Tetap Surplus
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Budi Afandi)

Metrotvnews.com, Banjarmasin: Ketua Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Muharram optimistis produksi padi di Kalsel pada tahun ini tetap mengalami surplus, meski terjadi kekeringan di sejumlah wilayah.

"Memang dengan pengaruh El Nino yang membuat kekeringan lahan pertanian, produksi padi Kalsel 2015 bisa menurun, tapi kita masih optimistis akan tetap surplus," ujarnya, di Banjarmasin, Kamis (13/8/2015).

Menurutnya, hal itu terjadi karena kemarau panjang bisa dimanfaatkan bagi lahan lebak untuk bercocok tanam. Kalsel yang terdiri atas 13 kabupaten/kota juga memiliki lahan lebak atau rawa monoton yang cukup potensial untuk usaha pertanian.

"Dengan kemarau panjang, lahan lebak juga bisa ditanami. Berdasarkan pengalaman saat El Nino yang pernah melanda Kalsel beberapa waktu lalu, produksi padi dari lahan lebak cukup baik. Hasil produksi lahan lebak tersebut, yang mampu mempertahankan produksi padi Kalsel agar tetap surplus," jelasnya.

Oleh sebab itu, dia juga mengimbau masyarakat Kalsel agar tak risau atau khawatir akan kekurangan beras karena pengaruh El Nino. "Karena selain lahan lebak masih bisa menghasilkan padi dan bahkan cukup potensial, sedangkan pada lahan tadah hujan dan menggunakan sistem irigasi juga sudah banyak yang panen sebelum tibanya kekeringan," kata Muharram.

Lahan lebak yang cukup potensial dan selama ini menyumbang produksi padi Kalsel, antara lain di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang terkenal dengan Polder Alabio (185 kilometer utara Banjarmasin). Polder Alabio salah satu sistem pengelolaan tata air pada lahan lebak sejak masa pemerintahan Hindia Belanda.


(ABD)


Real Madrid Bawa Kekuatan Penuh ke Markas Muenchen
Jelang Bayern Muenchen vs Real Madrid

Real Madrid Bawa Kekuatan Penuh ke Markas Muenchen

53 minutes Ago

Real Madrid membawa kekuatan penuh ke markas Bayern Muenchen jelang laga leg pertama semifinal …

BERITA LAINNYA
Video /