KPPU: Hilangkan Kartel untuk Capai Swasembada Garam

Antara    •    13 Agustus 2015 16:09 WIB
kppu
KPPU: Hilangkan Kartel untuk Capai Swasembada Garam
KPPU (Foto: Dokumentasi KPPU)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) minta kepada pemerintah untuk serius menghilangkan kartel dalam industri garam agar rencana swasembada komoditas pokok itu bisa tercapai pada akhir 2015.

"Seharusnya swasembada garam tak perlu harus menunggu 2017 baru tercapai. Untuk itu, segala bentuk kartel yang merusak sistem tata niaga harus dihilangkan," kata Komisioner KPPU Tresna P. Soemardi, di Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Dia menilai, untuk mencapai swasembada garam sebenarnya lebih sederhana dibanding mencapai swasembada daging sapi, mengingat untuk memproduksi garam memerlukan teknologi sederhana, disamping wilayah Indonesia yang memiliki pantai panjang.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), lanjutnya, saat ini berupaya mendorong pengutamaan produksi garam dalam negeri di pasar domestik dan dalam praktiknya dibutuhkan kebijakan bersifat perlindungan dan pemberdayaan.

"Perlindungan petani garam dapat dilakukan melalui kebijakan kepastian pasar bagi mereka dengan harga yang bisa mendatangkan keuntungan bagi petani," ujarnya.

Dalam praktik kebijakan produk pangan untuk perlindungan petani, biasanya dilakukan melalui tataniaga impor dan penetapan harga dasar di tingkat petani. Tataniaga impor merupakan kebijakan yang dilakukan untuk mengutamakan produksi dalam negeri, dan membatasi jumlah impor sebatas kekurangan kebutuhan pasar.

"Penetapan harga dilakukan untuk mendorong agar petani mendapatkan harga yang layak bagi mereka," pungkas Tresna.


(ABD)


Jelang Hadapi Liverpool, Pelatih Kecewa dengan Performa Roma
AS Roma vs Genoa

Jelang Hadapi Liverpool, Pelatih Kecewa dengan Performa Roma

2 days Ago

Eusebio kesal karena para pemain Roma kerap terlena saat sudah berada dalam posisi unggul.…

BERITA LAINNYA
Video /