Indeks Merosot, OJK Pertimbangkan Buy Back Saham Tanpa RUPS

Suci Sedya Utami    •    13 Agustus 2015 16:34 WIB
pasar modal
 Indeks Merosot, OJK Pertimbangkan <i>Buy Back</i> Saham Tanpa RUPS
Bursa ROMMY PUJIANTO/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memang sempat dilanda kemerosotan. Dalam satu hari kemarin, IHSG anjlok tiga persen ke posisi 4.400. 

Untuk mengantisipasi saham tak terus merosot, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membuka kemungkinan untuk mengeluarkan aturan mengenai kebijakan buy back  tanpa harus melalui Rapat Umum Pemegang Saham  (RUPS) apabila kondisi pasar saham sedang anjlok.

"Terkait buy back, anytime. Kalau menurut pertimbangan kami perlu, maka kami berlakukan," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad ditemui di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (13/8/2015).

Dia menjelaskan dalam buy back ini ada pedoman lain yang dipakai yakni boleh melakukan buy back tanpa RUPS jika dalam tiga hari berturut-turut, IHSG mengalami penurunan lebih dari 15 persen.

"Ini tentu saja akan sangat banyak ditentukan oleh pertimbangan-pertimbangan strategis setelah koordinasi dengan beberapa agensi, otoritas dan lain sebagainya," tutur Muliaman.

Dirinya menambahkan langkah buy back saham ini pun memiliki batasan yakni maksimum 20 persen dari modal yang disetorkan perseroan.



(SAW)


Video /