Tarif TansJakarta untuk Pelajar: Rp 1

Putri Anisa Yuliani    •    13 Agustus 2015 17:01 WIB
pendidikan
Tarif TansJakarta untuk Pelajar: Rp 1
Seorang pelajar turun melalui unit bus lainnya yang mogok di depan pintu halte Bundaran HI, Jakarta, Senin (16/7/2015).ANT/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Nanti, tarif bus TransJakarta untuk pelajar hanya Rp 1. Ongkos supermurah itu berlaku saat sistem Kartu Jakarta Pintar (KJP) sudah terintegrasi menjadi tiket elektronik (e-Ticket) bus TransJakarta.

Direktur Utama PT TransJakarta Atonius Kosasih mengatakan, selagi menunggu sistem integrasi itu rampung, PT TransJakarta dalam waktu dekat akan menggratiskan pelajar pemegang KJP dengan pencatatan manual. Siswa cukup harus menunjukkan KJP miliknya.

Tapi, ongkos Rp 1 tak berlaku penuh 24 jam sehari. Ada waktu-waktunya. Menurut Kosasih, sesuai arahan gubernur, pembatasan waktu agar program ini tidak digunakan di luar kepentingan sekolah.


Ahok dan Pangdam Jaya Mayjen Agus Sutomo menjajal bus TransJakarta baru.ANT/Vitalis Yogi

"Belum mulai hari ini (penggratisan), tapi kami akan mulai dalam waktu dekat. Meskipun gratis, tapi ada syaratnya. Harus pakai seragam. Harus menunjukkan KJP dan hanya di jam-jam berangkat dan pulang sekolah," kata Kosasih kepada Media Indonesia, Kamis (13/08).

Selain program gratis naik bus TransJakarta untuk pelajar, tambah Kosasih, gubernur juga memerintahkan Bank DKI, pun bank nasional lainnya, menyetop penarikan tunai dana KJP lewat ATM. Soalnya, banyak kasus, dana KJP dibelanjakan untuk keperluan nonpendidikan.

"Tarik tunainya sudah kita rem," terang Kosasih.


Aktivitas petugas PT TransJakarta jelang peluncuran armada terbaru.MI/Atet Pramadia


(ICH)

Video /