BKPM Ajak Diaspora RI Sosialisasi Investasi di Indonesia

Arif Wicaksono    •    13 Agustus 2015 17:35 WIB
diaspora indonesia
BKPM Ajak Diaspora RI Sosialisasi Investasi di Indonesia
Kepala BKPM MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengajak diaspora Indonesia untuk berkolaborasi dalam mengembangkan investasi di Indonesia. 

Menurutnya ada dua peranan yang dapat dimainkan oleh diaspora Indonesia, yaitu sebagai duta pemasaran investasi Indonesia dan sebagai investor itu sendiri. Demikian disampaikan Franky dalam diskusi “Diaspora Global Enterpreneur: Think Globally Act Locally”, di Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Kongres Diaspora Indonesia ke-3. Diaspora pun diminta untuk memanfaatkan peluang investasi yang ada di Indonesia maupun menyebarkan informasi positif tentang kondisi investasi di Indonesia.

“Dari sisi realisasi tetap meningkat maupun perbaikan-perbaikan kebijakan investasi yang sudah dan terus dilakukan oleh pemerintah. Perwakilan BKPM di luar negeri akan terus berkolaborasi untuk menjaring 

investasi dari diaspora Indonesia,”ujar Franky dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Franky optimistis, dengan dukungan jaringan diaspora Indonesia yang ada 89 negara menyebarkan informasi positif terkait reformasi kebijakan dan layanan investasi di Indonesia, investasi akan dapat meningkat di masa mendatang.

Dia mengingatkan arahan Presiden Jokowi terkait tiga pilar ekonomi Indonesia masa depan, di mana investasi ada di dalamnya bersama sektor industri dan ekspor national. Potensi untuk meningkatkan minat investasi semakin tinggi. Hal ini tercermin dari perkembangan investasi semester I-2015 yang tetap meningkat, meski pun pertumbuhan ekonomi melambat. Dia merujuk data BKPM di mana realisasi investasi semester I-2015 meningkat 16,6 persen, sebesar Rp 259,7 triliun, dibandingkan semester I-2014 sebesar Rp222,8 triliun. 

“Geliat realisasi investasi tersebut menunjukkan bahwa Indonesia masih menjadi negara yang menarik sebagai tujuan investasi. Terlebih pemerintah sudah melakukan perbaikan perizinan investasi, baik dari sisi layanan melalui PTSP Pusat di BKPM maupun penyederhanaan perizinan seperti listrik, industri, perkebunan dan kawasan pariwisata. Juga perbaikan insentif fiskal seperti tax holiday dan tax allowance,” tambah Franky. 



(SAW)


Adil Rami Pensiun dari Timnas Prancis

Adil Rami Pensiun dari Timnas Prancis

34 minutes Ago

Rami membuat debutnya bersama timnas Prancis sejak 2010. Bek Olympique Marseille tersebut sudah…

BERITA LAINNYA
Video /