Darmin: Perlu Hentikan Perlambatan Agar Perekonomian Membaik

Suci Sedya Utami    •    13 Agustus 2015 19:26 WIB
ekonomi indonesia
Darmin: Perlu Hentikan Perlambatan Agar Perekonomian Membaik
Darmin Nasution MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution menekankan menjaga stabilitas ekonomi jauh lebih penting untuk memacu pertumbuhan lebih baik.

Darmin mengatakan, saat ini ekonomi Indonesia memang sedang melambat. Perlu waktu untuk membalikkan kejayaan ekonomi seperti di era Pemerintahan Presiden Soeharto di mana kala itu ekonomi tumbuh 7-8 persen. Pemerintah, kata Darmin memang tidak bisa memacu pertumbuhan ekonomi untuk lebih tinggi lagi dengan waktu yang instan.

"Maka yang dilakukan kalaupun tidak bisa dibalikkan dan ditingkatkan dari perlambatan, paling tidak melambatnya diberhentikan dulu baru kemudian ekonomi membaik," kata Darmin ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (13/8/2015).

Menurut dia, untuk memperbaiki kinerja ekonomi Indonesia, pemerintah bakal melakukan kebijakan yang sifatnya lebih ekspansif tentunya untuk menekan perlambatan. Salah satunya fokus pemerintah pada sisi fiskal yang diyakini menjadi stimulus pertumbuhan.

"Pengeluaran atau belanja menjadi stimulus, bagaimana caranya menggelontorkan uang ke masyarakat ya, supaya penerimaan masyarakat naik, supaya kegiatan ekonomi bergerak, supaya pertumbuhan membaik,” kata dia. 

Lebih lanjut, dirinya memastikan kebijakan ekspansif tersebut tidak akan bertabrakan dengan kebijakan stabilitas Bank Sentral karena saat ini pemerintah pun memilih untuk menjaga stabilitas.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro pun mengatakan fundamental ekonomi harus dijaga dan stabilitas pun harus dipertahankan.

"Kunci hadapi gejolak di luar kalau fundamental kuat dan stabil maka ekonomi tidak akan terpengaruh banyak. Maka kami jaga inflasi cari sumber pertumbuhan ekonomi, juga menjaga CAD," jelas Bambang.


(SAW)


<i>Jersey</i> Prancis Masih Laris di Moskow

Jersey Prancis Masih Laris di Moskow

15 hours Ago

Perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia telah usai, namun tidak membuat Kota Moskow sepi. Kawasan suv…

BERITA LAINNYA
Video /