15 Kapal Pencuri Ikan Asal Vietnam Ditahan di Batam

Hendri Kremer    •    13 Agustus 2015 19:29 WIB
kapalpencurian ikan
15 Kapal Pencuri Ikan Asal Vietnam Ditahan di Batam
Sejumlah ABK asal Vietnam berhasil ditangkap kapal patroli Kementerian Kelautan dan Perikanan di Stasiun PSDKP Pontianak, Sungai Rengas, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Kamis (6/8). Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang

Metrotvnews.com, Batam: Dalam tiga bulan terakhir 15 kapal diamankan di pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), di Jembatan II Barelang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Kapal-kapal itu ditangkap karena memasuki perairan Natuna dan mencuri ikan. "Ada enam kapal yang baru kami tangkap dalam satu bulan terakhir bersama 43 anak buah kapal karena mencuri ikan menggunakan pukat harimau," kata Kepala PSDKP Batam, Akhmadon, Kamis (13/8/2015).

Keenam kapal itu berbendera Vietnam dan rata-rata berukuran 32-35 gross ton (GT). Para ABK-nya akan diproses sesuai hukum Indonesia. Mereka diduga melanggar Pasal 92 jo Pasal 26 ayat 1, Pasal 93 jo Pasal 27 ayat 2, dan Pasal 5 ayat 1 huruf b UU Nomor 31 dan UU Nomor 45 tentang Perikanan.

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan tidak keberatan jika kapal-kapal pencuri ikan tersebut ditempatkan di pulau di sekitar Batam. Sebab, daerah ini sangat strategis dijadikan pangkalan.

"Kami mendukung sepenuhnya kapal-kapal itu diamankan di Batam. Ini untuk mempermudah pemeriksaan dan penyelidikan bagi para aparat penegak hukum. Jika perlu akan kami tambah fasilitas pendukung lainnya jika memang diperlukan," katanya.

Selain enam kapal itu, sebelumnya PSDKP juga telah menahan sembilan kapal yang ditahan dalam tiga bulan terakhir.


(UWA)


Jelang Hadapi Liverpool, Pelatih Kecewa dengan Performa Roma
AS Roma vs Genoa

Jelang Hadapi Liverpool, Pelatih Kecewa dengan Performa Roma

2 days Ago

Eusebio kesal karena para pemain Roma kerap terlena saat sudah berada dalam posisi unggul.…

BERITA LAINNYA
Video /