Tinjau Kekeringan di Banten, Mentan Bagikan Pompa Air

Taufik Rahman    •    13 Agustus 2015 19:32 WIB
kekeringankementan ads
Tinjau Kekeringan di Banten, Mentan Bagikan Pompa Air

Metrotvnews.com, Tangerang: Setibanya dari Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, safari daerah rawan kekeringan yang Mentan Andi Amran Sulaiman berlanjut ke Mauk, Tangerang, Banten. Kepada kelompok tani setempat juga dibagikan bantuan pompa air untuk mengairi sawah-sawah yang kekeringan.

Di seluruh Banten, luas lahan kekeringan sebanyak 21 ribu hektare (ha). Sedangkan luas lahan sawah yang mengalami gagal panen tercatat sebanyak 200 ha.
 
Di dalam kunjungan, Kamis (13/8/2015) siang, mentan didampingi Gubernur Banten Rano Karno dan Bupati Tangerang Zaki Iskandar. Selain secara simbolis menyerahkan bantuan pompa air, juga meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membuat hujan buatan.

"Solusi jangka panjang yang kami lakukan yakni membuat sumur dangkal dan membangun embung,” kata Mentan.

Kementerian pertanian sudah siapkan anggaran dua program itu. Teknis realisasinya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan.

"Saya mau cek langsung dan kami akan koordinasikan dengan Kementerian Pekerjaan Umum untuk memperbaiki jaringan primer dan sekunder," jelas Mentan.

Dengan terus menggenjot upaya penanggulan kekeringan, Mentan menjamin ketersediaan pangan tahun ini aman. Sebab, sampai saat ini 76% dari target panen gabah sudah terjadi dan sudah masuk gudang.

"Jadi saya jamin pangan ini aman. Ada kekeringan, tapi tidak semua daerah. Ada yang menanam juga," jelasnya.
 


(LHE)


Real Madrid Bawa Kekuatan Penuh ke Markas Muenchen
Jelang Bayern Muenchen vs Real Madrid

Real Madrid Bawa Kekuatan Penuh ke Markas Muenchen

45 minutes Ago

Real Madrid membawa kekuatan penuh ke markas Bayern Muenchen jelang laga leg pertama semifinal …

BERITA LAINNYA
Video /