Calon Kepala Daerah Tunggak Pajak Dianggap Gugur

Amaluddin    •    13 Agustus 2015 19:47 WIB
pilkada serentak
Calon Kepala Daerah Tunggak Pajak Dianggap Gugur
Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan hubungan Masyarakat (P2Humas) DJP Kementerian Keuangan, Mekar Satria Utama, dalam sosialisasi wajib pajak, Metrotvnews.com/Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Seluruh calon kepala daerah wajib memiliki NPWP dengan melampirkan pelaporan bayar pajak minimal lima tahun terakhir. Jika tidak, maka calon kepala daerah tersebut dipastikan gugur dalam pencalonannya.

"Bayar pajak bagi calon kepala daerah jadi syarat mutlak. Jika tidak, maka pencalonannya bisa gagal dalam tahap administrasi," ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan hubungan Masyarakat (P2Humas) DJP Kementerian Keuangan, Mekar Satria Utama, di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/8/2015).

Untuk itu, Satria menyarankan para calon kepala daerah yang belum memiliki NPWP segera mendatangi kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat untuk mendapat surat keterangan bebas tunggakan pajak minimal dalam lima tahun terakhir.

"Kami sudah bekerja sama dengan KPU. Jadi mereka (calon kepala daerah, red) yang masih memiliki tunggangan pajak pasti ditolak," jelasnya.

Satria menyampaikan, membayar pajak ini tidak hanya dikhususkan bagi calon kepala daerah saja. Tetapi, perusahaan/ lembaga dan perorangan juga wajib membayar pajak. Menurutnya, bagi wajib pajak memiliki kesempatan empat bulan (September-Desember) untuk tahun 2015 masa pembinaan bagi wajib pajak.

"Maka itu kami berharap tahun 2015 ini adalah kesempatan bagus bagi para wajib pajak yang masih memiliki tunggakan. Tahun 2015 ini, seluruh sanksi akan dihapus. Jadi wajib pajak hanya wajib bayar beban pokoknya saja," katanya.

Kendati demikian, apabila melebihi batas waktu yang telah ditentukan, yakni 31 Desember 2015. "Akan dikenakan sanksi administrasi," tandasnya.


(RRN)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

12 hours Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /