SBY Absen di Sidang Tahunan Parlemen

Desi Angriani    •    14 Agustus 2015 08:35 WIB
pidato kenegaraan
SBY Absen di Sidang Tahunan Parlemen
Mantan Presiden SBY/MTVN/Surya Perkasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam sidang tahunan MPR, DPR, dan DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Jokowi dan Wapres JK tiba pukul 07.40 WIB. Keduanya tampak mengenakan setelan jas hitam dan memasuki Gedung Nusantara. Tempat di mana Jokowi akan membacakan pidato kenegaraannya. Pidato Presiden sendir nantinya akan dibagi menjadi tiga tema dalam tiga sidang yang berbeda.

Selain Jokowi-JK, hadir sejumlah dita besar negara sahabat dan menteri kabinet kerja, seperti Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin.

Seluruh mantan Presiden dan Wakil Presiden RI juga hadir kecuali mantan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY). Megawati Soekarno Putri, BJ Habibie, Hamzah Haz, dan Boediono tampak hadir dalam acara ini.

Tak diketahui pasti apa alsan dibalik ketidakhadiran Presiden Indonesia ke-6 itu. Namun, ada selentingan kabar yang menyebut SBY mungkin enggan hadir karena adanya Megawati dalam acara ini. Tak ubah saat tahun lalu Megawati tak hadir dalam acara yang sama ketika SBY menjabat.

Berdasarkan jadwal acara Jokowi akan menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan RI pukul 09.40 WIB. Dilanjutkan dengan agenda Sidang Paripurna pembukaan masa sidang I DPR tahun sidang 2015-2016. Dalam sidang ini, Presiden kembali menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka penyampaian Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun anggaran 2016. Berikut penyerahan nota keuangan oleh Presiden.

Terakhir, Jokowi akan meninjau museum dan menandatangani prasasti pencanangan penataan kawasan parlemen.


(OJE)

Video /