Kebiasaan Minum Air yang Salah

Torie Natalova    •    14 Agustus 2015 11:40 WIB
kesehatan
Kebiasaan Minum Air yang Salah
Ilustrasi (Foto: breathmd.com)

Metrotvnews.com: Tubuh manusia itu 60 persennya berisi air, sehingga bukan hal yang aneh lagi mengapa minum air sangat berdampak pada kesehatan Anda.

Air memainkan peran penting dalam setiap proses metabolisme, mengangkut nutrisi ke sel-sel, menghilangkan limbah, mengatur suhu tubuh Anda, dan masih banyak lagi.

Tapi, Anda juga perlu tahu bahwa sering terjadi kesalahpahaman bagaimana terhidrasi dengan benar. Dan berikut kesalahan yang kerap Anda lakukan saat meminum air seperti yang diuraikan Sonya Angelone, seorang ahli diet.

- Berpikir Anda membutuhkan 8 gelas air sehari
Hidrasi tidak bisa dengan merumuskan satu ukuran yang cocok untuk semuanya. Berapa banyak air yang Anda butuhkan tergantung pada kebutuhan Anda sendiri. Namun harus ingat bahwa Anda juga mendapatkan sekitar 20 persen air dari asupan makanan seperti tomat, semangka dan mentimun. Jadi perhatikan dengan baik sudah berapa banyak cairan yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Dan menurut Institute of Medicine (IOM), orang yang sehat dapat memenuhi kebutuhan hidrasi mereka hanya dengan minum ketika sedang haus saja.

- Berasumsi kopi dan teh tidak menghidrasi
Kebanyakan orang berpikir, minum teh atau kopi itu tidak sama dengan minum air. Jangan salah, Angelone mengatakan Anda tetap mendapatkan sekitar 30 persen cairan dari minuman berkafein itu. Meskipun benar bahwa kafein itu diuretik, tetapi bukan berarti saat Anda buang air kecil, seluruh minuman Anda akan keluar.

- Banyak minum air, maka Anda akan lebih baik lagi
Itu persepsi yang sangat salah. Minum air berlebihan dapat membanjiri ginjal dan menyebabkan sel membengkak. Kondisi ini disebut hiponatremia yang bisa menyebabkan pusing, bengkak-bengkak bahkan kematian.

Menurut Jim Winger, dokter di Loyola University Medical Center, biasanya atlet yang punya risiko terbesar karena mereka sering disuruh minum. Jadi saat Anda berolahraga, minumlah saat Anda merasa haus saja.

- Minum air untuk menghindari kram
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, kram itu sebenarnya karena dibawa oleh otot lelah. Rendah kalium, magnesium atau kalsium juga dapat berkontribusi terhadap kelelahan otot. Jadi, bukan berarti tidak minum air, Anda akan menderita kram.

- Buang air kecil
Apabila Anda harus keluar masuk toilet hanya untuk buang air kecil berarti Anda kelebihan air dan segera batasi asupan air Anda hingga benar-benar pas. Dan apabila urine Anda berwarna kuning pucat atau berwarna kuning gelap itu berarti Anda mengalami dehidrasi dan harus perbanyak minum air lagi. (Sumarni/ Prevention)


(AWP)


Video /