3 Sesi Simposium Siap Digelar di Pertemuan MK se-Asia

Antara    •    14 Agustus 2015 11:59 WIB
mksimposium mk
3 Sesi Simposium Siap Digelar di Pertemuan MK se-Asia
MKRI gelar simposium intersional constitutional complaint -- MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MKRI) menjadi tuan rumah Pertemuan Dewan Anggota Asosiasi Mahkamah Konstitusi dan Lembaga Sejenis se-Asia (Board of Members Meeting AACC) dan Simposium Internasional mengenai pengaduan konstitusional (constitutional complaint). Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-12 MKRI dan diselenggarakan di Jakarta mulai Kamis (13/8/2015) hingga Senin (17/8/2015).

Simposium akan dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama bertema `Pengaduan Konstitusional sebagai Instrumen Perlindungan Hak Dasar Warga Negara`.

Sesi kedua mengangkat tema `Perspektif Komparatif Pengaduan Konstitusional`. Sedangkan sesi ketiga mengangkat tema `Masalah dan Tantangan dalam Penanganan Kasus Pengaduan Konstitusional`.

Meskipun MKRI belum memiliki kewenangan untuk menyelesaikan sengketa pengaduan konstitusional, namun ada beberapa permohonan perkara yang masuk kategori pengaduan konstitusional dan banyak diajukan masyarakat ke MKRI. Oleh karena itu, MKRI menilai kajian mengenai kewenangan pengaduan konstitusional sebagai instrumen perlindungan bagi hak dasar warga negara menjadi penting untuk dilakukan.

Pertemuan juga akan membahas agenda lainnya, yaitu persiapan pertemuan anggota AACC (board of members meeting) dan pembahasan usulan pembentukan sekretariat permanen AACC.


(NIN)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

1 day Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /